ANALISIS KEBERTERIMAAN ISTILAH SERAPAN DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS MATARAM: PENDEKATAN SOSIOTERMINOLOGI

LALU MUHAMAD, HELMI AKBAR (2021) ANALISIS KEBERTERIMAAN ISTILAH SERAPAN DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS MATARAM: PENDEKATAN SOSIOTERMINOLOGI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lalu Muhamad Helmi Akbar E1C017041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Terdapat dua hal yang dijawab dalam penelitian ini yakni kaidah pemadanan istilah apa saja yang dominan digunakan pada istilah serapan dalam masa pandemi covid-19 serta keberterimaan istilah-istilah tersebut pada masyarakat tutur bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi atau metode simak ditunjang dengan penggunaan kuesioner.Metode analisis data yang digunakan yaitu padan intralingual dan deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 33 istilah asing yang dipadankan menggunakan teknik penerjemahan, 10 istilah dengan teknik penyerapan, dan 2 istilah dengan teknik gabungan penerjemahan dan penyerapan. Selanjutnya, Tingkat keberterimaan istilah serapan dalam masa pandemi virus korona adalah sebanyak 39% dan 61% lainnya menunjukkan tingkat ketidakberterimaan terhadap istilah serapan dalam masa pandemi virus korona.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: istilah, covid-19, pendekatan sosioterminologi, kaidah pemadanan, keberterimaan istilah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jun 2021 05:02
Last Modified: 14 Jun 2021 05:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22122

Actions (login required)

View Item View Item