PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) YANG DITANAM DI LUAR MUSIM PADA PERLAKUAN PUPUK DAUN

Nabila, Ratu Azifah (2021) PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) YANG DITANAM DI LUAR MUSIM PADA PERLAKUAN PUPUK DAUN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NABILA RATU AZIFAH C1M017094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pasokan cabai (Capsicum frutescens L.) nasional sangat rendah pada musim penghujan sehingga perlu dilakukan upaya budidaya di luar musim. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari varietas dan konsentrasi pupuk daun Pomi yang tepat dalam usaha meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman cabai rawit di luar musim. Satu percobaan dilakukan pada musim penghujan tahun 2020/2021 di desa Gumantar, kecamatan Kayangan, kabupaten Lombok Utara. Percobaan terdiri atas dua faktor, yaitu konsentrasi pupuk daun Pomi dengan tiga aras (0%, 0,5% dan 1,0%) dan varietas dengan dua aras (Dewata 43 F1 dan Pelita F1). Perlakuan ditata menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial dengan tiga ulangan. Hasil penelitian menunjukkan ada interaksi antara varietas dan konsentrasi pupuk daun Pomi dalam mempengaruhi jumlah bunga. Jumlah bunga terbanyak dihasilkan oleh varietas Dewata dengan perlakuan konsentrasi 1,0%. Varietas Dewata lebih pendek dari varietas Pelita namun memiliki jumlah daun yang lebih banyak. Hasil dan komponen hasil tanaman yang lebih tinggi dihasilkan oleh varietas Dewata. Sementara itu, semakin tinggi konsentrasi pupuk daun Pomi maka semakin banyak bunga dihasilkan dengan tingkat keguguran yang rendah. Akibatnya, hasil dan komponen hasil tanaman juga meningkat dengan meningkatnya konsentrasi pupuk daun Pomi. Untuk dapat menghasilkan hasil cabai yang tinggi di luar musim disarankan untuk menanam varietas Dewata dan diperlakukan dengan pupuk daun Pomi menggunakan konsentrasi 1,0%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : bunga, gugur bunga, curah hujan, konsentrasi, pupuk daun
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jun 2021 05:02
Last Modified: 14 Jun 2021 05:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22123

Actions (login required)

View Item View Item