Speech Act in the American Presidential Debates: A Pragmatic Perspective

Pangeran, Fajar Ramdhani (2021) Speech Act in the American Presidential Debates: A Pragmatic Perspective. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisa tentang illocutionary dan perlocutionary dalam tindak tutur oleh kedua kandidat presiden pada pemilu Amerika tahun 2020, Donald Trump dan Joe Biden. Data-data pada penelitian ini disajikan dalam bentuk kualitatif dan kuantitatif. Data utamanya berasal dari video dan trasnkrip dari seluruh percakapan pada debat presiden 2020. Penelitian ini menggunakan klasifikasi dan teori yang dikemukakan oleh Searle baik itu di illocutionary maupun perlocutionary. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Donald Trump mendapatkan 38,04% untuk tipe tindak tutur illocutionary, sementara Joe Biden 42,35%. Keduanya sangat mendominasi penggunaan tipe representative illocutionary dalam hal ini. Untuk tindak tutur perlocutionary,“to insult the hearer” menjadi tipe perlocutionary yang sering digunakan Donald Trump dengan 27,17% dan “to convince the hearer” sebagai tipe yang sering digunakan Joe Biden dengan 28,24%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Speech act, presidential debate, pragmatic perspective, illocutionary, perlocutionary
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jun 2021 05:02
Last Modified: 14 Jun 2021 05:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22124

Actions (login required)

View Item View Item