PENGARUH APLIKASI BAHAN ORGANIK DAN TEKNIK BUDIDAYA (KONVENSIONAL DAN AEROBIK) TERHADAP BEBERAPA SIFAT FISIKA TANAH SERTA PERTUMBUHAN PADI BERAS MERAH PADA BEDENG PERMANEN

Agnia, Mawaddah (2021) PENGARUH APLIKASI BAHAN ORGANIK DAN TEKNIK BUDIDAYA (KONVENSIONAL DAN AEROBIK) TERHADAP BEBERAPA SIFAT FISIKA TANAH SERTA PERTUMBUHAN PADI BERAS MERAH PADA BEDENG PERMANEN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI SKRIPSI AGNIA 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi bahan organik dan teknik budidaya (konvensional dan aerobik) terhadap beberapa sifat fisika tanah serta pertumbuhan padi beras merah pada bedeng permanen dengan melaksanakan percobaan lapangan di Desa Beleke, kecamatan Gerung, kabupaten Lombok Barat dimulai dari bulan Maret sampai dengan Desember 2020. Percobaan menggunakan Rancangan petak terbagi (Split Plot Design) dengan dua faktor; faktor pertama teknik budidaya (T) meliputi konvensional (T1), aerobik menggunakan bedeng permanen (T2), dengan 3 blok dan empat perlakuan yaitu tanpa bahan organik (L0); sekam padi (L1); abu sekam padi (L2), abu sekam padi dan pupuk kandang sapi (L3). Hasil penelitian menunjukkan interaksi antara teknik budidaya konvensional dengan penambahan abu sekam padi dan pupuk kandang sapi berpengaruh terhadap tinggi tanaman umur 54 hst dengan nilai tertinggi 83,11 cm dan jumlah daunterbanyak 91,77 helai. Interaksi aantara teknik budidaya aerobik pada bedeng permanen dengan penambahan abu sekam padi dan pupuk kandang berpengaruh terhadap sifat fisika tanah (BV Tanah) dengan nilai terendah 0,865 g/cm3. Teknik budidaya konvensional berpengaruh terhadap sifat fisika tanah yaitu kapasitas lapang dengan nilai tertinggi 23,46% dan kadar lengas maksimum tanah dengan nilai tertinggi 56,07%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bahan Organik, Padi Beras Merah, Teknik Konvensional, Irigasi Aerobik, Bedeng Permanen, Sifat Fisiks Tanah.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jun 2021 05:02
Last Modified: 14 Jun 2021 05:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22125

Actions (login required)

View Item View Item