KETIDAKADILAN GENDER TERHADAP PENDIDIKAN PEREMPUAN DI DUSUN SADE 1 DESA REMBITAN KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

HILMIATUN, ROZIPAH (2021) KETIDAKADILAN GENDER TERHADAP PENDIDIKAN PEREMPUAN DI DUSUN SADE 1 DESA REMBITAN KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FULL HR DONE FIKS PRINT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk ketidakadilan gender terhadap Pendidikan perempuan serta mendeskripsikan factor-faktor yang menyebabkan ketidakadilan gender terhadap Pendidikan perempuan di Dusun Sade 1 Desa Rembitan Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dekriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, validitas data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: bentuk-bentuk ketidakadilan gender terhadap Pendidikan perempuan di Dusun Sade 1 yaitu (1) subordinasi (penomorduaan) dimana penomorduaan yang terjadi di Dusun Sade 1 terjadi karena adat istiadat yang masih dipegang teguh oleh masyarakat. (2) stereotype (pelabelan, pemberian cap negatif) dimana pelabelan yang jelas terlihat di Dusun Sade 1 adalah orang tua yang berpikir bahwa anak perempuan tidak bias disamakan dengan anak laki-laki baik dari segi pendidikan maupun dalam hal kebebasan melakukan aktivitas di luar Dusun Sade 1. Sedangkan factor-faktor yang menyebabkan ketidakadilan gender terhadap Pendidikan perempuan di Dusun Sade 1 yakni: 1) faktor internal: a) jenis kelamin, b) persepsi terhadap Pendidikan. 2) faktor eksternal: a) jarak sarana Pendidikan, b) faktor ekonomi, c) faktor social dan budaya. Adapun faktor yang paling berpengaruh adalah faktor sosial budaya, dimana apabila seorang anak perempuan melanggar adata istiadat yang ada maka anak perempuan tersebut akan diberikan sanksi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Ketidakadilan gender, Pendidikan perempuan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jun 2021 05:02
Last Modified: 14 Jun 2021 05:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22128

Actions (login required)

View Item View Item