KESULITAN GURU PPKn DALAM PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MAN 1 LOMBOK TENGAH

Ika, Nurjanah (2021) KESULITAN GURU PPKn DALAM PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MAN 1 LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IKA NURJANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan penilaian autentik dan apa saja kesulitan guru dalam penerapan penilaian autentik kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu,wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Mulles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penilaian autentik di MAN 1 Lombok Tengah diterapkan dengan cukup baik oleh para guru dan sudah sesuai aspek-aspek yang ada dalam penilaian autentik yaitu: aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Tetapi dalam menerapkan model penilaian ini, masih terdapat beberapa guru yang belum memahami dan mengalami kesulitan dalam menerapkan penilaian autentik ini. Adapun kesulitan guru PPKn dalam penerapan penilaian autentik di MAN 1 Lombok Tengah, yaitu sebagai berikut:1) Kesulitan Dalam Perencanaan Penilaian Autentik yaitu Pemahaman Tentang Penilaian Autenik Kurikulum 2013, Pelatihan Penilaian Autentik Kurikulum 2013, Sarana dan Prasarana, dan Aspek Penilaian Yang dituntut Kurikulum 2013 dalam penilaian autentik sangat banyak, 2) Kesulitan dalam Pelaksanaan Penilaian Autentik yaitu Kompetensi Sikap, Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan, dan 3)Kesulitan Dalam Evaluasi Pembelajaran yaitu Kesulitan dalam Menentukan Kriteria Penilaian, Kesulitan Dalam Memberi Skor, Kesulitan Dalam Memanfaatkan Waktu, dan Kesulitan dari Perbedaan Karakter Siswa. Solusi yang dilakukan guru dalam menghadapi kesulitan tersebut yaitu, mengikuti berbagai pelatihan, bermusyawarah dengan sesama guru dan belajar secara autodidak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kesulitan guru, Penilaian autentik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jun 2021 05:03
Last Modified: 14 Jun 2021 05:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22138

Actions (login required)

View Item View Item