PENGARUH PERBANDINGAN MASSA RAGI DAN NPK, UREA TERHADAP KADAR DAN VOLUME ALKOHOL YANG DIHASILKAN DARI TETES TEBU (MOLASE)

Robi, Hari Rustaman (2021) PENGARUH PERBANDINGAN MASSA RAGI DAN NPK, UREA TERHADAP KADAR DAN VOLUME ALKOHOL YANG DIHASILKAN DARI TETES TEBU (MOLASE). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ROBI HARI RUSTAMAN_F1C014074.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Corona Virus Disease (COVID19) telah menjadi pandemic global dunia dan dinyatakan sebagai bencana nasional di Indonesia. Menurut anjuran WHO, alkohol 70% dapat dijadikan antiseptik dan cairan disinfektan untuk pencegahan penularan virus corona. Sebagai contoh produk sterilisator tangan yang dijual di marketplace yang mengklaim mampu membunuh virus, kuman dan bakteri 99,9%. Hal itu seketika membuat alkohol menjadi barang paling dicari. Sejak awal Maret 2020, berbagai toko dan apotik yang tersebar dibeberapa kota di Indonesia, mengaku kehabisan stok alkohol. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mengetahui kadar dan volume bioetanol dari perbandingan massa ragi dan npk, urea dan untuk mencapai kadar alkohol standar medis 70%, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai kajian pada penelitian selanjutnya. Pada penelitian ini volume sample yang digunakan 30 liter lalu dicampurkan dengan masing-masing variasi komposisi ragi 2 gr/l, 3 gr/l dan 4 gr/l dan untuk npk urea 0,3 gr/l, 0,5gr/l dan 1 gr/l. Pada penelitian ini menggunakan ragi fermipan sebagai ragi dalam fermentasi, dimana fermentasi dilakukan selama 48 jam dalam keadaan an aerob. Pada penelitian ini didapatkan kadar alkohol terendah 69% dan kadar tertinggi tertinggi yang dihasilkan yaitu 84% dengan menggunakan perbandingan massa ragi 5 gr/l dan npk urea 1 gr/l dengan volume alkohol murni 1008 ml. Jadi dengan hasil tersebut sudah dapat digunakan sebagai alkohol untuk kebutuhan medis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Bioetanol, molase, massa ragi dan npk urea, kadar bioetanol, volume bioetanol.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jun 2021 05:03
Last Modified: 14 Jun 2021 05:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22139

Actions (login required)

View Item View Item