ANALISIS KOEFISIEN LIMPASAN PADA PERMUKAAN PAVING BLOCK BERPORI DAN TANPA TUTUPAN LAHAN

RIZKY, NURWANTO (2021) ANALISIS KOEFISIEN LIMPASAN PADA PERMUKAAN PAVING BLOCK BERPORI DAN TANPA TUTUPAN LAHAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir Rizky Nurwanto (F1A014131).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan laju pembangunan suatu kota yang terus mengalami peningkatan banyak menimbulkan dampak terhadap lingkungan, dimana sebelumnya lahan terbuka yang memiliki fungsi sebagai resapan air kini menjadi suatu lapisan aspal dan beton pada lapisan permukaanya, hal ini menimbulkan permasalahan serius di kota kota besar, Solusi penyelesaian masalah tersebut ialah dengan cara mempercepat resapan air hujan kedalam tanah, dengan memperbesar laju resapan kedalam tanah, membuka pori pada lahan-lahan yang telah di beton dengan cara mengganti dengan lapisan Perkerasan tembus air (porous pavement), Sehingga dapat mengurangi aliran diatas permukaan yang menjadi faktor permasalahan timbulnya suatu genangan air. Penelitian ini menggunakan 3 jenis variasi intensitas hujan yang berbeda, yaitu intensitas hujan 95 mm/jam, 217 mm/jam dan 285 mm/jam untuk melihat pengaruh limpasan permukaan terhadap besar intensitas hujan dengan menggunakan alat rainfall simulator. Penelitian ini menggunakan tutupan paving block berpori berbentuk persegi ukuran 20x20x8 cm dengan 3 lubang pori ditengah yang masing-masing memiliki diameter lubang 1 cm. Jenis tanah yang digunakan yaitu tanah lempung berpasir dengan kondisi tidak jenuh. Pengukuran yang dilakukan yaitu pengukuran intensitas hujan, volume limpasan dan koefisien limpasan (C). Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume limpasan yang dihasilkan tiap variasi intensitas hujan menghasilkan volume limpasan yang berbeda di setiap variasi intensitas hujan dan tutupan lahan yang digunakan. Volume limpasan berbanding lurus dengan Intensitas hujan. Semakin besar intensitas hujan maka semakin besar pula volume limpasan yang dihasilkan dan juga jenis tutupan lahan mempengaruhi volume limpasan yang dihasilkan. Dari hasil pengujian untuk intensitas hujan 95 mm/jam, 217 mm/jam dan 285 mm/jam untuk tanpa tutupan lahan dihasilkan nilai koefisien limpasan (C) berkisar antara 0.12-0,13. Sedangkan untuk tutupan paving block berpori koefisien limpasan (C) berkisar antara 0,41- 0,42.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Paving Block Berpori,Grass Block, Intensitas Hujan, Volume Limpasan, Koefisien Limpasan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:00
Last Modified: 15 Jun 2021 02:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22163

Actions (login required)

View Item View Item