SISTEM PENENTUAN LOKASI OBJEK PADA RUANG TERBUKA MENGGUNAKAN SISTEM KOMUNIKASI LORA BERBASIS ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE

JUMARIP, JUMARIP (2021) SISTEM PENENTUAN LOKASI OBJEK PADA RUANG TERBUKA MENGGUNAKAN SISTEM KOMUNIKASI LORA BERBASIS ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan_TA_Jumarip_F1B015038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Internet Of Things (IoT) merupakan teknologi yang sangat populer seiring dengan perkembangan zaman. Perkembangannya sudah masuk kedalam berbagai aspek kehidupan manusia, salah satu diantaranya yang banyak dikembangkan adalah sistem monitoring, baik itu monitoring di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Adapun kendala yang dihadapi yaitu tidak semua daerah dapat terjangkau oleh jaringan seluler terutama di bagian pedesaan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dalam jurnal ini kami mengusulkan menggunakan Lora sebagai pengiriman data lokasi. Lora mengirimkan data dari Node ke Gateway kemudian diteruskan ke internet. Dari hasil implentasi pengiriman data dari Node ke Gateway menunjukkan bahwa jarak berbanding lurus dengan kehilangan data dan kekuatan sinyal (RSSI) melemah. Support Vector Machine (SVM) adalah suatu algoritma yang dapat digunakan untuk mengklasifikasi suatu data. SVM merupakan metode learning machine yang bekerja atas prinsip Structural Risk Minimization (SRM) dengan tujuan menemukan hyperlane terbaik yang memisahkan dua buah class pada input space artikel ini membahas tentang teori dasar SVM beserta pengaplikasiannya pada sistem monitoring suatu objek pada ruang terbuka dengan bantuan sistem komunikasi Lora.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Sistem Pelacak, Komunikasi LoRa, Algoritma SVM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:09
Last Modified: 15 Jun 2021 06:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22174

Actions (login required)

View Item View Item