PANDANGAN HUKUM ISLAM MENGENAI KRITERIA SALAH SATU PIHAK (SUAMI/ISTRI) MENINGGALKAN YANG LAIN SELAMA DUA TAHUN BERTURUT-TURUT SEBAGAI ALASAN PERCERAIAN (Studi Kasus Di Pengadilan Agama Mataram)

FITIYAN, BINTANG PRIMADI (2021) PANDANGAN HUKUM ISLAM MENGENAI KRITERIA SALAH SATU PIHAK (SUAMI/ISTRI) MENINGGALKAN YANG LAIN SELAMA DUA TAHUN BERTURUT-TURUT SEBAGAI ALASAN PERCERAIAN (Studi Kasus Di Pengadilan Agama Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FITIYAN BINTANG PRIMADI (D1A014101).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami penentuan status hukum bagi mafqud ditinjau dari perspektif hukum Islam dan penerapan status hal mafqud di Pengadilan Agama berdasarkan hukum positif Indonesia. Penelitian ini berbentuk penelitian hukum empiris yaitu suatu metode penelitian yang menggunakan fakta-fakta empiris yang diambil dari perilaku manusia, baik perilaku verbal yang didapat dari wawancara maupun perilaku nyata yang dilakukan melalui pengamatan langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan. Berdasarkan hukum Islam maupun hukum positif sama-sama mengijinkan adanya perceraian, kemudian dalam hukum Islam status istri yang suaminya mafqud dapat dikatakan cerai setelah istri tadi menjalani masa iddah atas suaminya yang mafqud. Begitupula pada Pengadilan Agama Mataram tidak mematok jangka waktu suami mafqud tetapi selama pihak yang meninggalkan tersebut tidak menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam keluarga sudah dapat dimohonkan gugatan perceraian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Hukum Islam, Mafqud, Perceraian.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:09
Last Modified: 15 Jun 2021 06:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22175

Actions (login required)

View Item View Item