ANALISIS PENGARUH PENERAPAN LUBANG RESAPAN BIOPORI TERHADAP KOEFISIEN PERMEABILITAS LAHAN DI PERUMAHAN BTN PENGSONG INDAH, KABUPATEN LOMBOK BARAT

MUHAMMAD, ONGKY PRABOWO (2021) ANALISIS PENGARUH PENERAPAN LUBANG RESAPAN BIOPORI TERHADAP KOEFISIEN PERMEABILITAS LAHAN DI PERUMAHAN BTN PENGSONG INDAH, KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR MUHAMMAD ONGKY PRABOWO (F1A016110).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permeabilitas merupakan suatu pengukuran hantaran hidraulik tanah yang secara kuantitatif disebut dengan koefisien permeabilitas (k). Pengukuran permeabilitas tanah sangat penting untuk beberapa kepentingan, misalnya masuknya air ke dalam tanah, gerak air ke akar tanaman, aliran air drainase, evaporasi air pada permukaan tanah, kesemuanya itu dapat dipengaruhi oleh permeabilitas tanah yang mana berkaitan pula dengan peranan konduktifitas Hidroliknya. Penetapan koefisien permeabilitas (k) didasarkan pada hukum Darcy. Lubang Resapan Biopori (LRB) merupakan teknologi sederhana dan tepat guna namun efektif meningkatkan koefesien permeabilitas lapangan. Dengan melakukan pengujian koefisien (k) kita dapat mengetahui karaktersitik besarnya nilai permeabilitas dan jenis tanah yang terdapat di Lahan. Penelitian di lakukan di BTN Pengsong Indah Desa Perampuan Kecamatan Labu Api Laboratorium Geoteknik dan Mekanika Tanah Fakultas Teknik Universitas Mataram dengan mengunakan metode Constant Head dan Uji Infiltrasi. Hasil penelitian menunjukan nilai Koefisisen Permeabilitas Lahan di BTN Pengsong Indah untuk tanah asli yaitu sebesar 4.090E.-05 sampai 4,924E.-04 dan untuk lubang biopori yaitu 9,091E.-05 sampai 3,485E.-04 cm/det. dimana ketujuh sampel tersebut termasuk dalam jenis tanah Lanau. Dan dapat di ketahui juga rata- rata peningkatan yang terjadi pada tanah asli dengan biopori sebesar 59,01%. dan didapatkan nilai laju Infiltrasi sebesar 42,97 cm/jam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Koefisien permeabilitas, Lubang Resapan Biopori, Infiltrasi.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:09
Last Modified: 15 Jun 2021 06:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22177

Actions (login required)

View Item View Item