PROTOTYPE PENGENDALI PINTU AIR OTOMATIS PADA SALURAN IRIGASI BERBASIS MIKROKONTROLLER ESP 32

HARIS, MUNANDAR (2021) PROTOTYPE PENGENDALI PINTU AIR OTOMATIS PADA SALURAN IRIGASI BERBASIS MIKROKONTROLLER ESP 32. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA_HARIS MUNANDAR_F1B116007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Desa Barejulat merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Jonggat lebih tepatnya terletak dikabupaten Lombok Tengah. Mayoritas mata pencaharian penduduk disana adalah sebagai petani, untuk mengalirkan air didaerah tersebut melalui saluran sungai besar yang memiliki beberapa pintu air irigasi, Untuk pembukaan dan penutupan pintu air masih dikendalikan secara manual oleh petugas penjaga pintu yang ditugaskan untuk mengendalikan pintu air tersebut. Dikarenakan untuk mendapatkan air masih dengan sistem bergiliran atau penjadwalan sehingga petugas pintu air ini harus berjaga semalaman atau lebih untuk membagikan air ke tiap persawahan. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan adanya suatu alat yang dapat digunakan untuk mengendalikan pintu air secara otomatis serta mempermudah penjaga untuk memonitoring keadaan pintu yang terbuka dan tertutup secara jarak jauh. Sistem pengendalian pintu air otomatis ini menggunakan beberapa komponen elektronik seperti Motor Stepper, Driver 8825, Sensor Ultrasonik (HC-SR04), dan Modul RTC DS3231. Arduino Uno R3 sebagai mikrokontroller digunakan untuk memproses data yang dihubungkan dengan ESP32 agar terhubung dengan internet, aplikasi Blynk digunakan sebagai pengendali pintu dan menampillkan ketinggian air pada masing-masing saluran irigasi. Alat pengendali pintu air secara otomatis ini sudah bekerja sesuai yang diharapkan, untuk pembukaan dan penutupan pintu berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Pada saat jam 9.00-9.05 pintu 1 terbuka ketinggian air yang didapatkan sebesar 1.51 cm sedangkan pada saat jam 9.06-9.10 pintu 2 terbuka ketinggian air yang didapatkan sebesar 1.47 cm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pintu Air, Motor Stepper, Driver 8825, Sensor Ultrasonik (HC-04), Modul RTC DS3231, Arduino Uno R3, ESP32 dan Aplikasi Blynk.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:09
Last Modified: 15 Jun 2021 06:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22179

Actions (login required)

View Item View Item