PELAKSANAAN MANAJEMEN USAHATANI DENGAN SISTEM AGROFORESTRI DI KAWASAN HUTAN SESAOT KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

Felatika, Reski Ramadani (2021) PELAKSANAAN MANAJEMEN USAHATANI DENGAN SISTEM AGROFORESTRI DI KAWASAN HUTAN SESAOT KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FELATIKA-C1G014074.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tingkat kekritisan lahan di kawasan Pulau Lombok merupakan masalah yang serius yang harus mendapatkan penanganan yang memadai. Data yang dihimpun dari BLHP Provinsi NTB menyebutkan bahwa pada tahun 2010 tejadi peningkatan luas lahan kritis di Pulau Lombok. Hal ini antara lain disebabkan perambatan hutan dan ilegal logging yang masih terus berlangsung tanpa penanganan yang memadai. Lahan kritis banyak diakibatkan oleh perambatan hutan, dan perambatan hutan sendiri terjadi karena pemerintah sendiri tidak cukup memberikan akses kepada masyarakat untuk ikut memanfaatkan dan mengelola hutan. Selama ini masyarakat cenderung disikapi sebagai pihak yang dipersalahkan akibat tindakan perambatan yang dilakukan. Sementara pemerintah tidak cukup mampu memberikan alternatif sumber-sumber ekonomi di luar hutan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen usahatani dengan sistem agroforestri di kawasan hutan Sesaot Kecamatan Narmada. Dan 2) mengetahui apa saja kendala yang dihadapi petani dalam pelaksanaan manajemen usahatani dengan sistem agroforestri di kawasan hutan Sesaot Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat ? Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan unit analisis yakni petani sebagai pelaku utama dalam usahatani dan sebagai sasaran utama dalam penerapan sistem agroforestri. Penetuan daerah sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. lokasi penelitian ini atas dasar pertimbangan bahwa lokasi ini merupakan salah satu kawasan hutan yang menerapkan pengelolaan lahan dengan sistem agroforestri. Tiga lokasi sebagai lokasi sampel yaitu Bunut Ngengkang di Desa Sesaot, Pesuren Desa Pakuan dan Kumbi I Desa Lebah Sempage. Sedangkan jumlah sampel adalah 42 responden. Cara pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Pelaksanaan manajemen usahatani dengan sistem agroforestri di kawasan hutan Sesaot Kecamatan Narmada dilakukan dengan beberapa tahap yaitu persiapan lahan, persiapan bibit, penanaman, pemeliharaan dan pemanenan. 2) Kendala yang dihadapi petani dalam pelaksanaan manajemen usahatani dengan sistem agroforestri di kawasan hutan Sesaot Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat adalah kurangnya modal, keterbatasan tenaga kerja, pembinaan dan bantuan pemerintah yang kurang tuntas, petani yang merasa rugi, serta data yang kurang akurat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Usahatani, Sistem Agroforestri, Hutan Sesaot.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Jun 2021 23:41
Last Modified: 15 Jun 2021 23:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22186

Actions (login required)

View Item View Item