STATUS HARA N-TOTAL DAN P-TERSEDIA DALAM TANAH AKIBAT PEMBERIAN PUPUK TERPADU BIO-ORGANIK FOSFAT DAN PUPUK ANORGANIK PADA PERTANAMAN JAGUNG

Hartinah, Febrianti (2021) STATUS HARA N-TOTAL DAN P-TERSEDIA DALAM TANAH AKIBAT PEMBERIAN PUPUK TERPADU BIO-ORGANIK FOSFAT DAN PUPUK ANORGANIK PADA PERTANAMAN JAGUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HARTINAH FEBRIANTI BARU FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jagung merupakan salah satu tanaman pangan terpenting selain gandum dan padi. Keberhasilan pertumbuhan tanaman jagung dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya adalah ketersediaan unsur hara nitrogen dan fosfor. Unsur hara nitrogen merupakan unsur hara esensial dan dibutuhkan dalam jumlah yang banyak bagi tanaman. Unsur hara nitrogen memiliki fungsi yaitu dapat memperbaiki pertumbuhan vegetatif tanaman seperti daun, batang, akar, dan pementukan protein. Unsur hara fosfor adalah hara kedua setelah nitrogen dalam kegunaannya sebagai pupuk, karena unsur ini terlibat langsung dalam proses fotosintesis, perkembangan akar, pembentukan bunga, buah, dan biji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian pupuk terpadu bio-organik fosfat dan pupuk anorganik terhadap status hara N-total dan P-tersedia dalam tanah pada pertanaman jagung. Penelitian ini di laksanakan pada bulan Agustus-Oktober 2019 di Rumah kaca, dan Laboratorium Kimia Tanah Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Metode penelitin yang digunakan adalah metode eksperimental, dengan 7 perlakuan dan 3 kali ulangan sehingga diperoleh 21 unit percobaan, yaitu P0: control, P1: 100% rekomendasi pupuk anorganik, P2: 75% rekomendasi pupuk anorganik, P3: 50% rekomendasi pupuk anorganik, P1+PH: 100% rekomendasi pupuk anorganik + 10 g pupuk hayati fosfat, P2+PH: 75% rekomendasi pupuk anorganik + 10 g pupuk hayati fosfat, P3+PH: 50% rekomendasi pupk anorganik + 10 g pupuk hayati fosfat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : (1) aplikasi dari kombinasi pupuk bio-organik fosfat dan pupuk anorganik berpengaruh nyata terhadap nilai N-total dan P-tersedia dalam tanah. (2) Nilai N-total paling tinggi terdapat pada perlakuan P1+PH. (3) Nilai P-tersedia paling tinggi terdapat pada perlakuan P1+PH.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pupuk Bio-organik fosfat, pupuk anorganik, N-Total, dan P-Tersedia.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Jun 2021 01:00
Last Modified: 16 Jun 2021 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22200

Actions (login required)

View Item View Item