KONVERSI INTENSITAS PENYINARAN MATAHARI SEBAGAI DASAR ESTIMASI VARIASI SPASIAL EVAPORASI DI PULAU LOMBOK

BAIQ, NOVIA WAHYU HERLIANA (2021) KONVERSI INTENSITAS PENYINARAN MATAHARI SEBAGAI DASAR ESTIMASI VARIASI SPASIAL EVAPORASI DI PULAU LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAIQ PALING NEW 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstract: Tujuan dalam melakukan penelitian ini yaitu melakukan estimasi evaporasi berbasis intensitas penyinaran matahari dan variasi spasial di Pulau Lombok. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif, dengan jalan mengumpulkan data, menyusun, menganalisa, menginterpretasikan data, dan menarik suatu data yang diperoleh dari website Global Solar Iradiasi. Data yang diperoleh dari Global Solar Atlas di konversi menjadi satuan mm/hari untuk mengetahui nilai evaporasi setiap wilayah di pulau Lombok. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, data Intensitas matahari, suhu dan ketinggian tempat. Hasil penelitian menunjukan Intensitas Penyinaran di Pulau Lombok bertambah setiap tahun, berkisar 700-1000 kwh/m2. Intensitas matahari secara bertahap menurun, dari dataran rendah (0- 200 mdpl), medium (>200-700 mdpl) ke dataran tinggi (>700 mdpl). DNI (Direct Normal Irradiation) di sisi utara pegunungan Rinjani lebih tinggi yaitu 4,9 kwh/m2 daripada sisi selatan pegunungan Rinjani yaitu 4,6 kwh/m2, pada setiap kenaikan ketinggian tempat intensitas matahari akan mengalami penurunan secara signifikan dimana fenomena tersebut disebut titik balik. Nilai rerata evaporasi lebih tinggi dibandingkan dengan evapotranspirasi pada kedua sisi pegunungan Rinjani. EO pada kedua zona sama besar yaitu sebesar 5,3 mm/hari. ETO pada selatan pegunungan Rinjani sebesar 3,3 mm/hari lebih tinggi daripada di utara pegunungan Rinjani.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keywords: Intensitas Penyinaran Matahari, Konversi, Penguapan, Suhu, Udara, Kecepatan Angin Evaporasi, Evapotranspirasi
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Jun 2021 01:00
Last Modified: 16 Jun 2021 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22201

Actions (login required)

View Item View Item