PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI SISWA PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI DI KELAS X BAHASA SMAN 1 PRINGGARATA

BAIQ, NURUL AINI SARMA DIYANTI (2021) PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI SISWA PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI DI KELAS X BAHASA SMAN 1 PRINGGARATA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Baiq nurul aini sarma diyanti revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Keterampilan menulis adalah salah satu bagian dari empat keterampilan yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Ketrampilan menulis ini juga berperan penting dalam bidang akdemik maupun non akdemik. Salah satu ketrampilan yang diajarkan di tingakat SMA adalah menulis sebuah karya sastra puisi. Kemudian tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendesripsikan kemampuan menulis teks puisi siswa perempuan kelas X SMA 1 Negeri Pringgarata (2) mendesripsikan kemampuan menulis teks puisi siswa laki-laki kelas X SMA 1 Negeri Pringgarata (3) mendesripsikan perbedaan kemampuan menulis teks puisi siswa perempuan dan laki-laki kelas X SMA 1 Pringgarata. Terdapat dua manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah manfaat teoritis dan manfaat praktis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskreptif. Pada proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik tes. Hasil tes tersebut berbentuk lembaran teks puisi yang telah di tulis oleh siswa perempuan dan laki-laki. Terdapat tiga tahapan analisi data yang digunakan yaitu sebagai berikut: (1) reduksi data dalam tahap penelitian ini melakukan pemilihan, dan pemusatan perhatian untuk penyederhanan, abstraksi, dan transformasi data kasar yang diperoleh. (2) penyajian data adalah peneliti mengembangkan sebuah deskripsi informasi tersusun untuk menarik kesimpulan dan pengambilan tindakan. (3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi adalah peneliti berusaha menarik kesimpulan dan melakukan verifikasi dengan mencari makna setiap gejala yang diperolehnya dari lapangan. Hasil dari penelitian ini menujukan kemampuan menulis puisi siswa perempuan lebih baik daripada kemampuan menulis laki-laki. Dari ketiga aspek penilaian yaitu diksi, majas dan rima kemampuan siswa perempuan sangat baik dan mampu memberikan hasil menulis yang imajinatif dan dengan dibarengi pemilihan diksi yang menarik serta penggunaan majas yang bervariasi sehingga mengghasilkan puisi yang indah untuk di baca. Hasil nilai rata-rata juga menunjukan bahwa keterampilan menulis perempuan lebih baik dengan nilai rata-rata 75 sedangkan nilai rata-rata dari siswa laki-laki adalah 62.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci :Perbandingan, Kemampuan Menulis,Teks Puisi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Jun 2021 01:00
Last Modified: 16 Jun 2021 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22202

Actions (login required)

View Item View Item