IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN HYBRID PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI IPS SMAN 2 GERUNG

SAKINAH, ANNIDA (2021) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN HYBRID PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI IPS SMAN 2 GERUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SAKINAH ANNIDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses implementasi Model Project Based Learning berbantuan Hybrid pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS SMAN 2 Gerung; (2) Faktor penghambat implementasi model Project Based Learning Berbantuan Hybrid siswa pada mata pelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Gerung; (3) Upaya guru dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam proses implementasi model Project Based Learning Berbantuan Hybrid pada mata pelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Gerung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah subyek dan informan. Untuk mengumpulkan data pada penelitian ini digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Project Based Learning berbantuan Hybrid dapat mengembangkan kemampaun berpikir kreatif siswa. Adapun hambatan yang dialami Guru sosiologi beserta upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut yakni: 1) kurangnya sumber referensi yang digunakan oleh guru sosiologi dengan cara memanfaatkan internet untuk mencari sumber referensi tambahan; 2) rendahnya kemampuan guru sosiologi dalam memanajemen waktu dengan cara guru sosiologi harus memberi batasan waktu saat presentasi dan pengerjaan soal; 3) rendahnya minta belajar siswa dengan cara memberi motivasi dan mengaitkan materi dengan yang ada disekitar siswa; 4) kendala kouta internet siswa yaitu dengan memberi tugas secara berkelompok.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Project Based Learning, Hybrid
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Jun 2021 03:09
Last Modified: 16 Jun 2021 03:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22203

Actions (login required)

View Item View Item