Analisis Framing pada Berita Jatuhnya Pesawat Lion Air JT 610 dalam Detik.com Periode 29 Oktober 2018 – 23 November 2018

Hanin, Zakiyah (2021) Analisis Framing pada Berita Jatuhnya Pesawat Lion Air JT 610 dalam Detik.com Periode 29 Oktober 2018 – 23 November 2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Hanin Zakiyah (L1B015009).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu bentuk media massa yang berkembang saat ini adalah media massa online. Keberadaan media massa sangatlah penting, terutama untuk keberlangsungan penyebaran informasi yang aktual dan faktual sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi sesegera mungkin setelah suatu peristiwa terjadi. Bagi media massa, tragedi kecelakaan pesawat merupakan sebuah peristiwa yang memiliki nilai berita tinggi, di mana pemberitaan mengenai kejadian unik atau langka ini tentu akan menyedot perhatian khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media online Detik.com membingkai pemberitaan mengenai jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 selama periode 29 Oktober 2018 hingga 23 November 2018. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis framing dengan menggunakan model framing Robert N. Entman. Hasil analisis dari pemberitaan ini adalah Detik.com membingkai peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 sebagai sebuah kecelakaan yang disebabkan oleh adanya gangguan teknis dan kelalaian manajerial. Detik.com membingkai pihak Lion Air dan Boeing sebagai pihak yang harus bertanggung jawab atas kejadian ini. Selain itu, Detik membangun konstruksi realitas di mana pemerintah Indonesia menjadi pihak yang memiliki jasa besar dalam penyelesaian kasus ini. Detik masih mengedepankan prinsip-prinsip jurnalisme yang ada dalam memberitakan kejadian ini. Sebagai media massa online, Detik menyikapi berita yang besar ini dengan cukup jujur dan akurat. Detik juga masih mengedepankan prinsip keadilan dan ketidakberpihakan. Dari pemberitaan kecelakaan ini, penulis juga dapat melihat bahwa loyalitas Detik adalah untuk masyarakat umum.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Framing, Media Online, Detik.com, Robert N. Entman
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Jun 2021 03:09
Last Modified: 16 Jun 2021 03:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22204

Actions (login required)

View Item View Item