POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERBUDI LUHUR PADA REMAJA MILENIAL DI BTN PEPABRI PERAMPUAN KECAMATAN LABUAPI

KADEK APRILIANI, NI (2021) POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERBUDI LUHUR PADA REMAJA MILENIAL DI BTN PEPABRI PERAMPUAN KECAMATAN LABUAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-NI KADEK APRILIANI-E1S016055-FKIP-UNRAM-72.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pola asuh orang tua terhadapremaja milenial diBTN Pepabri Perampuan Kecamatan Labuapi; (2) mengetahuipenerapan pola asuh orang tua yang dapat membentuk karakter berbudi luhur pada remaja milenial di BTN Pepabri Perampuan Kecamatan Labuapi. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapanreduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.Penelitian ini menggunakan uji keabsahan data yaitu triangulasi sumber, triangulasi waktu, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menemukan (1) polaasuh orang tua terhadap remaja milenial di BTN Pepabri Perampuan Kecamatan Labuapi adalah pola asuh demokratis yaitu orang tua responsif terhadap kebutuhan remaja, orang tua memberikan penjelasan tentang akibat dari perbuatan yang baik dan buruk kepada remaja, orang tua memberikan kebebasan kepada remaja tetapi tetap dengan memberikan aturan, orang tua tidak memberikan hukuman kepada remaja melainkan nasihat, dan orang tua menghargai setiap kedisplinan remaja; (2) penerapan pola asuh orang tua yang dapat membentuk karakter berbudi luhur pada remaja milenial di BTN Pepabri Perampuan Kecamatan Labuapi yaitu orang tua menerapkan pola asuh demokratis terhadap remaja ditandai dengan adanya penerapan komunikasi, penerapan disiplin, dan penerapan pola asuh panutan/contoh yang ditunjukkan orang tua mengizinkan dan menerima remaja untuk menyatakan pendapat atau bertanya tentang hal apapun sehingga orang tua dan remaja saling menerima pendapat masing-masing (rendah hati), orang tua mendidik remaja untuk membiasakan remaja bertanggung jawab (tanggung jawab), orang tua dan remaja sering berdiskusi dalam hal segala kegiatan yang dilakukan oleh remaja(cinta kasih) dan melibatkan remaja dalam diskusi orang tua jika ada hubungannya dengan remaja, dan orang tua membimbing dan mengarahkan remaja untuk membantu sesama (suka tolong menolong).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pola Asuh, Karakter Berbudi Luhur.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Jun 2021 03:09
Last Modified: 16 Jun 2021 03:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22207

Actions (login required)

View Item View Item