PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS 2 SUELA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

YOGI, ALPIAN (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS 2 SUELA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAB 1 SAMPE 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas IV SDN Gugus 2 Suela tahun pelajaran 2020/2021”.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 3 sekolah. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan cara pengambilan sampel yaitu purposive sampling dimana SDN 2 Suela sebagai kelas (eksperimen) dan SDN 3 Suela sebagai kelas (kontrol) yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan tes hasil belajar. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t (t-test) Polled Varians dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil hitung analisis statistik t-test Dari tabel diatas dapat dilihat thitung > ttabel pada. thitung > ttabel mendapat nilai yaitu 0.000 > 2.024 pada taraf siginifikansi 5%. Sedangkan sig 2 tailed 1.000 lebih besar dari 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Sesuai dengan pengujian hipotesis yaitu thitung > ttabel maka Ho diterima dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa Tidak terdapat perbedaan hasil belajar sebelum diberikan perlakuan dengan sesudah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV Gugus II SuelaTahun Pelajaran 2020/2021.yang ditandai dengan <g> kelas eksperimen sebesar 20,1 kategori sedang lebih rendah dibandingkan kelas kontrol yaitu 35,9 kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas IV SDN Gugus 2 Suela tahun pelajaran 2020/2021

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model Pembelajaran Picture And Picture, Hasil Belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Jun 2021 03:09
Last Modified: 16 Jun 2021 03:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22208

Actions (login required)

View Item View Item