PENGEMBANGAN SENAM PENCAK SILAT UNTUK PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI LINGKUNGAN KRAMAT NUNGGAL KELURAHAN SAYANG-SAYANG

DINA, HALIZA (2021) PENGEMBANGAN SENAM PENCAK SILAT UNTUK PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI LINGKUNGAN KRAMAT NUNGGAL KELURAHAN SAYANG-SAYANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DINA HALIZA EDIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menstimulasi perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di lingkungan kramat nunggal kelurahan sayang-sayang, dengan kegiatan senam pencak silat. Dengan kegiatan ini dapat membantu perkembangan motorik kasar anak, karena melakukan gerakan koordinasi kaki, tangan dan kepala, melakukan koordinasi gerakan tangan kanan, tangan kiri, serta melatih keseimbangan. Dengan metode pengembangan, dan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di lingkungan kramat nunggal kelurahan sayang-sayang yang berjumlah 3 anak. Serta teknik pengumpulan data dengan observasi. Penelitian ini terdiri dari 6 hari pertemuan. Berdasarkan perolehan hasil nilai dari 3 subyek ini berbeda-beda. Pada uji coba I mendapatkan nilai dengan rata-rata 58%. Pada uji coba II memperoleh nilai dengan rata-rata 76%. Pada uji coba III memperoleh dengan rata-rata nilai 86,8%. Adapun yang harus ditingkatkan kembali yakni pada deskriptor maju kaki kanan kedepan lalu mengangkat kaki kanan dan menendang, bergeser ke kiri dua langkah mengangkat tangan kanan sikap satria kanan, geser ke kiri satu langkah lalu menendang gejuk ke kiri. Selain itu, penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan anak mengalami peningkatan. Sehingga langkah-langkah dan bentuk senam pencak silat dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Kramat Nunggal Kelurahan Sayang-Sayang Dengan Katagori “Berkembang Sangat Baik” pada indikator melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi kaki, tangan dan kepala.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pencak Silat, Perkembangan Motorik Kasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Jun 2021 03:09
Last Modified: 16 Jun 2021 03:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22211

Actions (login required)

View Item View Item