PENGARUH STRATEGI ACTIVE DEBATE (DEBAT AKTIF) TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN INPRES 1 MARIA KECAMATAN WAWO KABUPATEN BIMA

RIAN, SUSANTI (2021) PENGARUH STRATEGI ACTIVE DEBATE (DEBAT AKTIF) TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN INPRES 1 MARIA KECAMATAN WAWO KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX 30 MARET 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Active Debate (Debat Aktif) terhadap kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Inpres 1 Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima. Penelitian ini dilakukan terhadap 21 orang siswa dengan menggunakan pendekatan repeat treatment (diberikan perlakuan bagi kelompok sampel) yang tergolong dalam penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas varians, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian pada kelompok eksperimen didapat nilai rata-rata dari komunikasi pada saat Pre-Test adalahh 18,64, Post-Test ke 1 adalah 32,09, Post-Test ke 2 adalah 36,64 dan Post-Test ke 3 adalah 38,37. Dari ranking terlihat bahwa nilai paling tinggi adalah pada saat Post-Test ke 3. Nilai p value diperoleh 0,0005 < 0,05 maka H0 ditolak atau terdapat perbedaan rata-rata nilai berbicara pada keempat kelompok interval waktu tes. Dengan kata lain dengan adanya strategi debat aktif berpengaruh terhadap kemampuan berbicara siswa dengan pesat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Inpres 1 Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemampuan berbicara, debat aktif, siswa SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jun 2021 02:32
Last Modified: 17 Jun 2021 02:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22229

Actions (login required)

View Item View Item