PENGUATAN NILAI KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PASKIBRA DI MAN 1 LOMBOK TENGAH

ABDUL, LATIP (2021) PENGUATAN NILAI KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PASKIBRA DI MAN 1 LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Abdul Latip Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskistif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penguatan nilai karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler paskibra di Man 1 Lombok Tengah. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang dan informan penelitian 5 orang dengan menggunakan Purposive Sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya penguatan nilai karakter siswa anggota paskibra Man 1 Lombok Tengah. Adapun jenis kegiatan ekstrakurikuler paskibra Man 1 Lombok Tengah yaitu Latihan Rutin, Latihan PBB, Pengibaran (Penaikan) dan Penurunan, Forum agenda, dan Latihan Fismen (Fisik Mental). Sedangkan bentuk perwujudan nilai karakter disiplin dan nasionalisme yang ditunjukkan oleh siswa anggota pakibra yaitu Disiplin terhadapat aturan dan tata tertib tercermin melalui selalu menggunakan seragam dan atribut sesuai dengan peraturan yang berlaku, menghargai guru dan sesama, serta menjunjung tinggu nilai-nilai kedisplinan. Sikap Menjaga Persatuan dan kesatuan, hal ini tercermin melalui tata cara anggota paskibra saling menghargai satu sama lain, selalu mengutamakan kepentingan bersama, dan memiliki kerja sama yang baik. Wawasan kebangsaam tercermin pada saat mengikuti upacara dengan khusuk dan kidmat, serta melaksanakan pengibaran (penaikan) dan penurunan dengan sungguh-sungguh. Sikap tanggung jawab ditunjukkan dengan melaksanakan tugas dengan baik dan tanpa ragu mengkaui jika ada kesalahan. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegitan ekstrakurikuler paskibra yaitu waktu, cuaca, biaya, kelengkapan anggota, dukungan orang tua, dan dukungan sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Penguatan nilai karakter, Ekstrakurikuler Paskibra, Karakter Disiplin, Krakter Nasionalisme
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jun 2021 02:33
Last Modified: 17 Jun 2021 02:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22232

Actions (login required)

View Item View Item