PENGARUH MASSA BAHAN TERHADAP VOLUME DAN KADAR ALKOHOL DALAM PEMBUATAN BIOETANOL DARI TEPUNG AMPAS TEBU MENGGUNAKAN ASAM SULFAT (H2SO4)

UMAR, UMAR (2021) PENGARUH MASSA BAHAN TERHADAP VOLUME DAN KADAR ALKOHOL DALAM PEMBUATAN BIOETANOL DARI TEPUNG AMPAS TEBU MENGGUNAKAN ASAM SULFAT (H2SO4). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Umar (F1C016089).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tingkat konsumsi manusia terhadap energi fosil lebih tinggi dibandingkan dengan laju pembentukannya. Padahal yang kita ketahui sumberdaya energi tersebut termasuk sumberdaya tak terbarukan (non renewable), yang berarti jika sumberdaya energi tersebut diambil secara terus-menerus maka pada akhirnya ketersediannya di alam akan habis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi massa bahan pembuatan bioetanol dari tepung ampas tebu terhadap volume dan kadar alkohol yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan asam sulfat teknis pada air aki dengan volume pencampuran pada saat hidrolisisis 20 ml/liter dan variasi massa bahan tepung ampas tebu dengan massa bahan 20, 25, 30, 35, dan 40 gram/liter. Hasil yang didapatkan menunjukkan berdasarkan hasil analisis terhadap variasinya, bahwa variasi massa bahan tepung ampas tebu pada proses hidrolisis mempengaruhi brix akhir fermentasi, volume dan kadar alkohol, dan specific gravity. Brix akhir fermentasi terendah di dapatkan pada variasi massa bahan tepung ampas tebu 40 gram/liter dengan nilai rata-rata 7,2%. Kemudian volume dan kadar alkohol tertinggi didapatkan pada variasi massa bahan tepung ampas tebu 40 gram/liter dengan nilai volume rata-rata alkohol 24,2 ml dengan kadar rata-rata alkohol 49,7%. Untuk nilai specific gravity terendah didapatkan pada variasi massa bahan tepung ampas tebu 40 gram/liter dengan nilai 0,889. Nilai flash and fire point terendah didapatkan pada variasi massa bahan tepung ampas tebu 40 gram/liter dengan nilai 32˚C. Kadar etanol tertinggi didapatkan pada variasi bahan bahan tepung ampas tebu 40 gram/iter dengan nilai 76,59%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Ampas tebu, Bioetanol, Bahan bakar, dan Massa bahan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jun 2021 03:42
Last Modified: 17 Jun 2021 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22247

Actions (login required)

View Item View Item