DERAJAT KEERATAN ANTAR KARAKTER KUANTITATIF BEBERAPA GENOTIPE KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) GENERASI F4 PADA KONDISI INTENSITAS CAHAYA RENDAH

Fajri, Riadi (2021) DERAJAT KEERATAN ANTAR KARAKTER KUANTITATIF BEBERAPA GENOTIPE KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) GENERASI F4 PADA KONDISI INTENSITAS CAHAYA RENDAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Fajri Riadi 2021Revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penampilan karakter kuantitatif serta derajat keeratan antar karakter kuantitatif beberapa genotipe kacang tanah generasi F4 pada kondisi intensitas cahaya rendah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu faktor tunggal yaitu genotipe kacang tanah dengan 14 aras perlakuan, dalam tiga kali ulangan. Data hasil pengamatan dianalisis dengan Analisis Keragaman (Analisis of variance) pada taraf nyata 5%. Jika terdapat perbedaan yang nyata dilakukan uji lanjut dengan Uji Duncan Test pada taraf 5%. Derajat keeratan antar karakter kuantitatif dianalisis dengan menggunakan uji korelasi. Hasil ANOVA dan Uji Lanjut menunjukkan bahwa pada intesitas cahaya rendah, genotipe kacang tanah memberikan pengaruh yang berbeda nyata pada karakter tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah cabang, panjang ruas, luas daun, dan jumlah polong per rumpun, sedangkan pada karakter bobot polong per rumpun dan per plot memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata. Karakter luas daun dengan bobot polong kering per rumpun berkorelasi positif nyata yang kuat. Karakter bobot polong kering per rumpun dengan bobot polong kering per plot berkorelasi positif nyata yang sangat kuat..

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : genotipe, kacang tanah, intensitas cahaya rendah, korelasi
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jun 2021 03:42
Last Modified: 17 Jun 2021 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22251

Actions (login required)

View Item View Item