PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MEDIA WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA SMAN 8 MATARAM

AMALIA, FIRDAUS (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MEDIA WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA SMAN 8 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_AMALIA FIRDAUS_ E1S015004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran problem posing berbantuan media WhatsApp terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan pretest-posttest control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 200 siswa, sedangkan sampel sebanyak dua kelas yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang diambil dengan random sampling setelah dilakukan penyepadanan kelas. Data hasil belajar dijaring menggunakan tes pilihan ganda dengan bentuk multiple choice yang sudah memenuhi validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran soal. Keseluruhan data dianalisis secara comparative menggunakan Uji-t dan peningkatan hasil belajar dibantu dengan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran problem posing berbantuan media WhatsApp terhadap hasil belajar siswa. Implikasinya bahwa model pembelajaran problem posing berbantuan media WhatsApp dapat mendukung penguatan teori-teori konstruktivistik dalam design intervensi pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Problem Posing, WhatsApp, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jun 2021 06:22
Last Modified: 18 Jun 2021 06:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22261

Actions (login required)

View Item View Item