POLA INTERAKSI SOSIAL KONTRAVENSI PADA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH MATARAM

HADRIYANTI, UTAMI PUTRI (2021) POLA INTERAKSI SOSIAL KONTRAVENSI PADA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_HADRIYANTI UTAMI PUTRI_E1S014019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola interaksi sosial kontravensi pada siswa di SMA Muhammadiyah Mataram, yang difokuskan pada: (1) Pola interaksi sosial kontravensi pada siswa di SMA Muhammadiyah Mataram, dan (2) Dampak kontravensi pada siswa di SMA Muhammadiyah Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dan informan dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis secara kualitatif melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan: (1) Pola interaksi sosial kontravensi pada siswa di SMA Muhammadiyah Mataram yang terjadi yakni: a. Pola interaksi sosial kontravensi bersifat umum yang ditandai adanya protes, gangguan- gangguan, dan perbuatan kekerasan (fisik); b. Pola interaksi sosial kontravensi bersifat sederhana yang ditandai adanya perbuatan memaki-maki; c. Pola interaksi sosial kontravensi bersifat intensif yang ditandai adanya penghasutan; d. Pola interaksi sosial kontravensi rahasia yang ditandai adanya perbuatan khianat; e. Pola interaksi sosial kontravensi taktis yang ditandai adanya suatu intimidasi. (2) Dampak kontravensi pada siswa di SMA Muhammadiyah Mataram dikelompokkan menjadi dua yakni: a. Dampak positif kontravensi, dan dampak yang tergolong dalam skala kecil (mikro) yaitu adanya sebuah dialog dalam lingkup kecil yang menimbulkan perbedaan pendapat di tiap individu dan nantinya akan dibantu oleh guru dalam mencari kesimpulan atau keputusan, dan dampak yang berskala besar (makro) yaitu memiliki rasa kesatuan/solidaritas pada siswa; b. Dampak negatif kontravensi, dampak yang tergolong dalam skala kecil (mikro) yaitu mendorong terjadinya konflik sosial yang didasari oleh ketidaksukaan pribadi, dan dampak yang berskala besar (makro) yaitu menurunnya tingkat kepercayaan orang lain, terlihat dari beberapa siswa yang kurang nyaman dan kurang respect terhadap beberapa teman lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: interaksi sosial, kontravensi, siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jun 2021 06:22
Last Modified: 18 Jun 2021 06:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22262

Actions (login required)

View Item View Item