KESALAHAN BAHASA TEKS CERAMAH SISWA KELAS XI MIA 3 DI SMAN 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NURRAMALIA, NURRAMALIA (2021) KESALAHAN BAHASA TEKS CERAMAH SISWA KELAS XI MIA 3 DI SMAN 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Nurramalia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan penggunaan huruf, penulisan kata, penggunaan tanda baca, dan diksi dalam teks ceramah Siswa Kelas XI MIA 3 SMAN 3 MATARAM. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber datanya adalah hasil teks ceramah siswa kelas XI MIA 3 SMAN 3 MATARAM. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3 SMAN 3 MATARAM. Penelitian ini mengambil 36 sampel. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah nontes jenis portofolio. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu metode dokumentasi dengan teknik catat. Selanjutnya, metode yang digunakan dalam menganalisis data yaitu, metode deskriptif kualitatif. Sedangkan penyajian hasil analisis data menggunakan metode penyajian hasil analisis informal. Hasil penelitian yang diperoleh berupa kesalahan penggunaan huruf dalam Teks Ceramah Siswa Kelas XI MIA 3 SMAN 3 MATARAM, meliputi: penggunaan huruf kapital. Kesalahan penulisan kata, meliputi: kata berimbuhan, kata depan, dan penulisan singkatan atau akronim. Adapun kesalahan penggunaan tanda baca, meliputi: kesalahan penggunaan tanda titik, tanda koma, dan tanda hubung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan ejaan dalam teks ceramah meliputi 2 kesalahan pemakaian huruf kapital, 3 kesalahan pemakaian kata berimbuhan, 6 kesalahan penulisan kata depan, 2 kesalahan penulisan partikel, 3 kesalahan penggunaan tanda baca titik, 1 kesalahan penggunaan tanda baca koma, 19 kesalahan penggunaan tanda hubung, 1 kesalahan tanda petik, dan 9 kesalahan penggunaan diksi. Jadi, berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa kesalahan ejaan dan diksi ini masih cukup banyak. Berdasarkan hasil penelitian itu, peneliti memberikan saran kepada guru bahasa Indonesia dan peneliti lain. Guru bahasa Indonesia harus bisa mengembangkan/menggunakan strategi, metode, dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan berpedoman pada kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penulisan ini diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi peneliti selanjutnya yang berkaitan dengan kesalahan bahasa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Ejaan, Penulisan Huruf, Penulisan Kata, Diksi, Teks Ceramah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jun 2021 06:22
Last Modified: 18 Jun 2021 06:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22268

Actions (login required)

View Item View Item