Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair Urine Sapi dan Pupuk Anorganik NPK Mutiara pada Media Tanah Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassica juncea L.) Varietas Tosakan

Made Ita Purwani, Luh (2021) Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair Urine Sapi dan Pupuk Anorganik NPK Mutiara pada Media Tanah Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassica juncea L.) Varietas Tosakan. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LUH MADE ITA PURWANI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Aplikasi pupuk kimia jangka panjang tanpa menggabungkan bahan organik ke tanah mengurangi kesuburan dan mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk organik cair dari urine sapi, NPK dan kombinasinya terhadap pertumbuhan tanaman sawi. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah dosis urine sapi dan faktor kedua adalah dosis NPK Mutiara, masing-masing faktor memiliki 4 taraf pemupukan dengan 3 kali ulangan. Analisis data menggunakan uji ANOVA dilanjutkan dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua pemupukan meningkatkan pertumbuhan parameter tanaman yang meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, berat segar, berat kering, dan kadar klorofil total. Hal ini merupakan efek interaksi dari kedua faktor; Kombinasi urine sapi 8 ml dan 0,6 gr NPK Mutiara memberikan perlakuan pertumbuhan optimal untuk tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, bobot basah, dan bobot kering. Sedangkan kombinasi 4 ml urine sapi dan 0,4 gr NPK Mutiara merupakan perlakuan optimal untuk meningkatkan estimasi kadar klorofil total.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pupuk Organik Cair, Urin Sapi, Pupuk NPK Mutiara, Pertumbuhan Sawi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jun 2021 06:22
Last Modified: 18 Jun 2021 06:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22269

Actions (login required)

View Item View Item