SIMULASI PENGARUH MODEL BASIN TERHADAP KECEPATAN DAN TINGGI ALIRAN PADA TURBIN VORTEX GRAVITASI DENGAN SOFTWARE AUTODESK COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD)

Satria, Reza Lazuardi (2021) SIMULASI PENGARUH MODEL BASIN TERHADAP KECEPATAN DAN TINGGI ALIRAN PADA TURBIN VORTEX GRAVITASI DENGAN SOFTWARE AUTODESK COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_Satria Reza Lazuardi_F1C016082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Turbin vortex gravitasi merupakan jenis pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) yang memanfaatkan pusaran air untuk memutar turbin. Untuk meningkatkan efisiensinya, kecepatan aliran dan tinggi vortex harus ditingkatkan. Sehingga perlunya perhatian pada variabel yang mempengaruhinya seperti debit air yang masuk dan ukuran basin. Namun, hingga saat ini penelitian mengenai perbandingan kedua struktur basin antara model cylindrical maupun conical masih sedikit (Dhakal, 2015). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model basin, lebar notch inlet, dan panjang draft tube terhadap kecepatan aliran dan tinggi vortex. Penelitian ini menggunakan metode simulasi dengan software Autodesk Computational Fluid Dynamics (CFD) 2019. Penelitian ini memvariasikan jenis model basin conical dan cylindrical dengan variasi lebar inlet notch adalah 80 mm, 100 mm, 120 mm, 140 mm, dan 160 mm serta variasi panjang draft tube adalah 0 mm, 50 mm, 100 mm, 150 mm, dan 200 mm. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecepatan aliran terkuat dengan bentuk vortex yang kuat didapat pada model basin conical dengan lebar notch inlet 160 mm pada panjang draft tube 0 mm diperoleh 1.49 m/s. Juga ketinggian vortex tertinggi didapat pada model basin conical dengan lebar notch inlet 80 mm pada panjang draft tube 0 mm diperoleh 0,54 m dan memiliki bentuk vortex kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : turbin vortex, model basin, CFD, lebar notch inlet, panjang draft tube
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jun 2021 03:50
Last Modified: 19 Jun 2021 03:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22272

Actions (login required)

View Item View Item