PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) MENGGUNAKAN SISTEM HIDROPONIK VERTIKAL DENGAN BERBAGAI KOMPOSISI PUPUK CAIR

Muhammad, Istiqlal (2021) PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) MENGGUNAKAN SISTEM HIDROPONIK VERTIKAL DENGAN BERBAGAI KOMPOSISI PUPUK CAIR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1M016118-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Selada (Lactuca sativa L.) merupakan salah satu sayuran daun yang digemari oleh masyarakat. Selada dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah sebagai lalapan dengan kandungan gizi selada seperti serat, vitamin A dan zat besi yang cukup tinggi. Budidaya selada mulai banyak dikembangkan secara hidroponik, karena hasilnnya yang lebih maskimal dan digemari oleh masyarakat. Namun, dalam proses budidaya, nutrisi pada budidaya secara hidroponik masih tergantung dengan bahan kimia anorganik. Penelitian ini bertujuan untuk mencari bahan alternatif pengganti bahan kimia anorganik untuk nutrisi tanaman selada. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dengan perlakuan berbagai komposisi bahan pupuk cair, yang terdiri dari 3 perlakuan komposisi pupuk organik cair dan 1 perlakuan pupuk anorganik cair (AB Mix) sebagai perlakuan kontrol. Perlakuan pertama yaitu kontrol PO = 100% AB Mix standar, perlakuan selanjutnya berturut-turut P1 = 50% limbah jagung segar + 25% sengon + 25% lamtoro, P2 = 25% limbah jagung segar + 50% sengon + 25% lamtoro, P3 = 25% limbah jagung segar + 25% sengon + 50% lamtoro. Sehingga didapatkan 4 komposisi pupuk cair, setiap perlakuan diulang sebanyak 6 kali sehingga didapatkan 24 unit percobaan dari seluruh perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa berbagai komposisi pupuk cair berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar, berat bersih, bobot akar, dan diameter batang. Hasil pengamatan tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar, berat bersih, bobot akar, dan diameter batang tertinggi diperoleh pada perlakuan P0 = 100% AB-Mix, yaitu berturut-turut tinggi tanaman 16,15 cm dengan laju pertumbuhan tinggi tanaman 2,52 cm, jumlah daun tertinggi 7,17 helai dengan laju pertambahan jumlah daun 1,03 helai, berat segar 6,10 g, berat bersih 5,10 g, bobot akar 0,88 g, dan diameter batang 2,86 cm. penelitian lanjutan diperlukan mengenai waktu fermentasi pupuk organik cair dan intenstitas pemberian pupuk organik cair untuk memperoleh pertumbuhan dan hasil yang lebih tinggi pada tanaman dengan teknik hidoponik vertikal yang serupa, dan instalasi hidroponik vertikal yang digunakan perlu penambahan sistem drainase untuk aerasi yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Selada, Hidroponik Vertikal, Pupuk Organik Cair
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jun 2021 03:50
Last Modified: 19 Jun 2021 03:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22274

Actions (login required)

View Item View Item