PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA MA DARUSSALIMIN NW SENGKOL PADA MATA PELAJARAN PPKn

MARDIANA, MARDIANA (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA MA DARUSSALIMIN NW SENGKOL PADA MATA PELAJARAN PPKn. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengeruh penerapan model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar kognitif dan sikap demokratis siswa MA Darussalimin NW Sengkol pada mata pelajaran PKn tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Agama sebanyak 21 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA sebanyak 21 orang siswa sebagai kelas control. Instrument pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 20 soal untuk hasil belajar kognitif dan instrument angket untuk sikap demokratis. Berdasarkan hasil uji hipotesis uji-t untuk hasil belajar diperoleh data thitung =1,58 dan t table = 1,684 dengan taraf signifikan 5% dan dk=42 jadi t hitung > t table. Sedangkan hasil analisis sikap demokratis dengan menggunakan skala likert yakni 81,36% dari sebelumnya 69,04% untuk kelas eksperimen dan 73,65% dari sebelumnya 65,08% untuk kelas control. Hal ini menunjukka hipotesis fdalam penelitian diterima atau dengan kata lain ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar kognitif dan sikap demokratis siswa

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Inkuiri, hasil belajar PKn, dan sikap demokratis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 09 Apr 2018 10:08
Last Modified: 09 Apr 2018 10:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2228

Actions (login required)

View Item View Item