ANALISIS KOMPARASI USAHATANI TEMBAKAU USAHATANI SEMANGKA DAN USAHATANI MELON DI KECAMATAN PRAYA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Mawardah, Mawardah (2021) ANALISIS KOMPARASI USAHATANI TEMBAKAU USAHATANI SEMANGKA DAN USAHATANI MELON DI KECAMATAN PRAYA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi AKHIR FIX (MAWARDAH_C1G015112).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menganilisis perbandingan biaya dalam usahatani tembakau, semangka, dan melon di Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah,2) menganilisis perbandingan pendapatan dalam usahatani tembakau, semangka, dan melon di Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah, 3) menganalisis perbandingan efisiensi dalam usahatani tembakau, semangka, dan melon pada di Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif di Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah. Jumlah responden ditentukan secara quota sampling sebanyak 30 orang petani yaitu petani tembakau sebanyak 10 orang, petani semangka sebanyak 10 orang, dan petani melon sebanyak 10 orang. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) biaya rata-rata yang dikeluarkan dalam satu kali proses produksi usahatani tembakau, semangka, dan melon di Kecamatan Praya Timur yaitu usahatani tembakau sebesar 14.313.824/ha, usahatani semangka sebesar 23.066.167/ha, dan usahatani melon sebesar 33.318.175/ha. Setelah diuji dengan Analisis One Way ANOVA, diperoleh nilai Sig. adalah 0.318> 0.05 (tidak berbeda nyata). Hal ini berartiH0diterima, yang artinya biaya usahatani tembakau, semangka, dan melon sama atau tidak ada perbedaan (Ha ditolak). (2) Terdapat perbedaan signifikan pendapatan usahatani tembakau, usahatani semangka, dan usahatani melon. Pendapatan usahatani melon cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan pendapatan usahatani tembakau dan usahatani semangka.Hal ini disebabkan jumlah penerimaan usahatani melon lebih tinggi dibandingkan dengan penerimaan usahatani tembakau dan usahatani semangka.Pendapatan rata-rata yang diperoleh usahatani tembakau sebesar 28.081.812/ha, usahatani semangka sebesar 18.942.030/ha, dan usahatani melon sebesar 46.181.825/ha. (3) Terdapat perbedaan signifikan efisiensi usahatani tembakau, usahatani semangka, dan usahatani melon. Efisiensi usahatani tembakau cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan efisiensi usahatani semangka dan usahatani melon.Hal ini disebabkan oleh besarnya rerata penerimaan dan rerata biaya dari masing-masing usahatani tersebut. Efisiensi yang didapatkan dari usahatani tembakau yaitu sebesar 3, usahatani semangka sebesar 2, dan usahatani melon sebesar 2.Ketiga nilai efisiensi tersebut lebih besar dari 1, artinya ketiga usahatani tersebut efisien atau layak untuk dikembangkan. Nilai efisiensi lebih besar dari 1 artinya penerimaan dari usahatani tersebut sudah mampu menutupi keseluruhan biaya yang dikeluarkan dalam satu kali proses produksi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Komparasi, Usahatani, Tembakau, Semangka, Melon
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jun 2021 06:21
Last Modified: 21 Jun 2021 06:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22297

Actions (login required)

View Item View Item