HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS III GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2020/2021

Dian, Nurhayati (2021) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS III GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIAN EDIT kemandirian belajar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak: Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SDN Gugus III Gunungsari tahun 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Gugus III Gunungsari yang berjumlah 197. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa yang diambil dengan menggunakan tehnik judgement (pertimbangan) metode yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket dan tes. Data diperoleh, diolah dengan tehnik analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar dengan pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SDN Gugus III Gunungsari yang ditunjukan oleh hasil korelasi product moment dimana > pada taraf signifikansi 5% yakni 0,503 > 0,361, sehingga Ha diterima. ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan pemahaman konsep IPA dengan taraf signifikansi 5% sebesar 0,503. Jika kemandirian belajar siswa tinggi, maka pemahaman konsep IPA siswa juga tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jun 2021 06:22
Last Modified: 21 Jun 2021 06:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22298

Actions (login required)

View Item View Item