PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII.E SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Suhastiki, Suhastiki (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII.E SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUHASTIKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII.E SMP Negeri 12 Mataram tahun pelajaran 2016/2017 pada materi garis singgung lingkaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), siswa bekerjasama dalam kelompok untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus pertama terdiri dari tiga pertemuan sedangkan siklus kedua terdiri dari dua pertemuan. Adapun tahapan tiap siklusnya yakni tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa meningkat dari skor aktivitas belajar sebelumnya. Pada siklus I pertemuan I adalah 7 dengan kategori tidak aktif, pada pertemuan II adalah 11 dengan kategori kurang aktif, dan pada pertemuan III adalah 12 dengan kategori kurang aktif. Dan skor aktivitas siswa mengalami peningkatan lagi pada siklus II yakni pada pertemuan I adalah 13,99 dengan kategori aktif dan pada pertemuan II adalah 15,67 dengan kategori aktif. Adapun rata-rata nilai siswa pada siklus I adalah 73,35 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 67,65% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 78,23 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 85,71%. Berdasarkan pencapaian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) secara optimal dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII.E SMP Negeri 12 Mataram tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), aktivitas belajar, prestasi belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 09 Apr 2018 10:08
Last Modified: 09 Apr 2018 10:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2230

Actions (login required)

View Item View Item