RESPON TANAMAN CABAI RAWIT (Capsium frutescens L.) TERHADAP BERBAGAI KONSENTRASI PEMBERIAN PUPUK NPK PADA SISTEM HIDROPONIK

W I N I E R N I A, W I N I E R N I A (2021) RESPON TANAMAN CABAI RAWIT (Capsium frutescens L.) TERHADAP BERBAGAI KONSENTRASI PEMBERIAN PUPUK NPK PADA SISTEM HIDROPONIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WINI ERNIA (C1M06188).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan dan hasil tanaman cabai rawit terhadap berbagai pemberian konsentrasi pupuk NPK pada sistem hidroponik. Penelitian dilaksanakan dari bulan Juli sampai bulan Oktober 2020 di dalam Screen House Kampus Utara Fakultas Pertanian Univeritas Mataram di Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap satu faktor yaitu konsentrasi pemberian pupuk NPK Mutiara 16:16:16 dengan 6 (enam) perlakuan yaitu konsentrasi A (0,09%), B (0,125%), C (0,189%), D (0,222%), E (0,251%), dan F (0,285%) Semua perlakuan diulang sebanyak 5 kali, sehingga terdapat 30 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanaman cabai rawit, khususnya pada parameter jumlah daun, merespon secara berbeda nyata terhadap perlakuan konsentrasi pemberian pupuk NPK. Pertumbuhan tanaman cabai rawit yang lebih baik diperoleh pada perlakuan konsentrasi C (0,189%). Tanaman cabai rawit menunjukkan respon yang tidak berbeda nyata terhadap konsentasi pupuk NPK yang berbeda pada tinggi tanaman, umur berbunga, umur panen, jumlah buah per panen, berat buah setiap kali panen, berat buah per buah, berat buah per tanaman, frekuensi panen, berat basah tanaman dan berat kering tanaman. Namun konsentrasi 0,89% cenderung memberikan hasil yang lebih tinggi. Perlu dilakukan pembuktian lebih lanjut untuk konsentrasi 0,189% dengan umur panen lebih lama serta kombinasi pupuk NPK dengan pupuk yang mengandung unsur hara mikro untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman cabai rawit sistem hidroponik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Cabai Rawit, Pupuk NPK, Hidroponik
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jun 2021 23:35
Last Modified: 21 Jun 2021 23:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22303

Actions (login required)

View Item View Item