KEANEKARAGAMAN SPESIES KUPU-KUPU (RHOPALOCER) DI TAMAN UDAYANA MATARAM NUSA TENGGARA BARAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA KELAS X SEMESTER 1

Anike, Junike Ajami (2021) KEANEKARAGAMAN SPESIES KUPU-KUPU (RHOPALOCER) DI TAMAN UDAYANA MATARAM NUSA TENGGARA BARAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA KELAS X SEMESTER 1. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ANIKE JUNIKE AJAMI (E1A016085).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati spesies kupu-kupu yang tinggi. Kupu-kupu (Rhopalocera) mempunyai peranan penting dalam proses ekologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman spesies kupu-kupu (Rhopalocera) di Taman Udayana Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik jelajah point sensus (pointcount). Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan indeks keanekaragaman dari Shannon-Wiener. Dari hasil penelitian tercatat 16 spesies dari 4 famili. Analisis indeks keanekaragaman kupu-kupu diperoleh indeks keanekaragaman (H’) untuk masing-masing jalur/lokasi yaitu jalur timur (1.76), jalur barat (1.95), jalur utara (1.78), dan jalur selatan (2.21), sedangkan indeks keanekaragaman (H’) untuk seluruh jalur yaitu (2,37)termasuk dalam katagori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci: Keanekaragaman, Kupu-kupu, Taman Udayana Mataram, Sumber Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jun 2021 23:35
Last Modified: 21 Jun 2021 23:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22304

Actions (login required)

View Item View Item