ANALISIS EKONOMI KEMITRAAN PT. SURI TANI PEMUKA DENGAN PETANI TAMBAK UDANG DI KABUPATEN SUMBAWA

Yanfira, Faradillah (2021) ANALISIS EKONOMI KEMITRAAN PT. SURI TANI PEMUKA DENGAN PETANI TAMBAK UDANG DI KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Yanfira Faradillah_Analisis Ekonomi Kemitraan PT. Suri Tani Pemuka Dengan Petani Tambak Udang Di Kabupaten Sumbawa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Upaya dalam meningkatkan pendapatan petani tambak udang vaname adalah melalui kerjasama dalam bentuk kemitraan antara petani udang dengan PT.Suri Tani Pemuka dengan adanya kerjasama antara petani dengan perusahaan mitra tentunya diharapkan berdampak pada pendapatan yang diterima oleh petani, yaitu dengan upaya meningkatkan jumlah produksi udang dengan menggunakan input secara efisien dan efektif misalnya dalam penggunaan biaya produksi. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui pola kemitraan yang dilaksanakan oleh PT. Surit Tani Pemuka dengan petani tambak udang di Kabupaten Sumbawa. (2) Untuk mengetahui tingkat produksi dan pendapatan petani tambak udang yang melakukan kemitraan dengan PT. Suri Tani Pemuka di Kabupaten Sumbawa. (3) Untuk menganalisis kelayakan usaha budidaya udang di Kabupaten Sumbawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pola kemitraan yang terjalin antara petani tambak udang vaname dengan PT.Suri Tani Pemuka di Kabupaten Sumbawa yaitu pola kemitraan kerjasama operasional agribisnis (KOA) dengan ciri utama kelompok (petani) mitra menyediakan lahan, sarana dan tenaga kerja dan perusahaan mitra menyediakan biaya, modal, manajemen, teknis dan pengadaan sarana produksi. (2) Rata-rata tingkat produksi yang dihasilkan petani tambak sebesar 2.026 Kg dalam satu periode dengan pendapatan rata-rata yang diterima oleh petani tambak udang vaname yang bermitra dengan PT. Suri Tani Pemuka di Kabupaten Sumbawa adalah sebesar RP. 48.596.558 dalam satu periode panen. (3) Berdasarkan analisis kelayakan, semua usaha budidaya Udang Vaname di Kabupaten Sumbawa dinyatakan layak untuk diusahakan dengan nilai R/C sebesar 1,6, BEP Produksi sebesar 1.476 Kg dan BEP Harga sebesar Rp 45.902.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pola Kemitraan, Pendapatan, Udang Vanname.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jun 2021 23:36
Last Modified: 21 Jun 2021 23:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22305

Actions (login required)

View Item View Item