PENERAPAN PEMBELAJARAN HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILL) PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 5 MATARAM

RAHMIYATUL, AINI (2021) PENERAPAN PEMBELAJARAN HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILL) PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 5 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI -RAHMIYATUL AINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi rancangan pembelajaran HOTS yang disusun oleh guru pada mata pelajaran sosiologi di SMAN 5 Mataram; (2) mengetahui penerapan pembelajaran HOTS yang disusun oleh guru pada mata pelajaran sosiologi di SMAN 5 Mataram; (3) mengetahui penilaian pembelajaran HOTS yang disusun oleh guru pada mata pelajaran sosiologi di SMAN 5 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan: (1) rancangan pembelajaran HOTS diantaranya, identittas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pembelajaran, pendekatan/model/metode pembelajaran, media/alat/sumber pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran HOTS diantaranya, kegiatan pendahuluan melalui apersepsi, kegiatan inti melalui penyampaian materi, kesempatan siswa dan guru dalam bertanya, penerapan pendekatan/model/metode pembelajaran, penggunaan media/alat/sumber pembelajaran, penerapan 4C 4C (Critical thinking, creativity, collaboration, communication) dan kegiatan penutup melalui penyimpulan materi yang telah dipelajari; (3) penilaian pembelajaran HOTS diantaranya, penilaian kognitif dengan tes lisan dan tulisan berupa soal pilihan ganda maupun uraian dan penilaian psikomotorik berupa penugasan kelompok diskusi maupun mandiri dalam bentuk projek, produk, dan kegiatan persentasi hasil tugas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pembelajaran HOTS, Pelajaran Sosiologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jun 2021 23:36
Last Modified: 21 Jun 2021 23:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22308

Actions (login required)

View Item View Item