PENGARUH DOSIS PUPUK PHONSKA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KELOR (Moringa oleifera Lam.) DI LAHAN KERING PADA TAHUN KE DUA SIKLUS PRODUKSI

Meita, Hijriati Khastin (2021) PENGARUH DOSIS PUPUK PHONSKA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KELOR (Moringa oleifera Lam.) DI LAHAN KERING PADA TAHUN KE DUA SIKLUS PRODUKSI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MEITA HIJRIATI KHASTIN SETELAH UJIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tanaman kelor (Moringa oleifera Lam.) mempunyai banyak manfaat dan khasiat, baik itu daun, batang, akar hingga bijinya. Kandungan nutrisi yang ada pada tanaman ini cukup tinggi, sehingga menjadikan tanaman kelor dijuluki sebagai “Miracle Tree” berdasarkan pada manfaatnya di bidang kesehatan. Tidak hanya itu saja, tanaman kelor berpotensi sebagai salah satu bahan baku dalam industry kosmetik, obat-obatan, dan perbaikan lingkungan terkait dengan kualitas air bersih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian dosis pupuk phonska terhadap tanaman kelor dan mendapatkan dosis pupuk phonska terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kelor di lahan kering. Percobaan dilaksanakan pada bulan Maret- Juni 2018 di lahan kering yang berlokasi di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimental dengan Percobaan dirancang menggunakan Rancangan Acak Lengkap dan dianalisis Anova 5% dengan uji lanjut Beda Nyata Jujur taraf 5%. Perlakuan dosis pupuk Phonska meliputi : Dosis pupuk 5g, Dosis Pupuk 15g, Dosis Pupuk 25g, dan Dosis pupuk 0g. Setiap perlakuan diulang 3 kali dan pada masing-masing ulangan terdiri atas 5 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis pupuk Phonska Berpengaruh Nyata Pada Parameter Panjang Tunas dan Diameter tunas, selain itu dosis pupuk terbaik adalah 25 g/tanaman.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : tanaman kelor,miracle tree, dosis pupuk phonska, lahan kering
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jun 2021 23:37
Last Modified: 21 Jun 2021 23:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22309

Actions (login required)

View Item View Item