PENGARUH FILLER DARI SERBUK BATU APUNG DAN SERAT KULIT JAGUNG TERHADAP SIFAT MEKANIK KOMPOSIT POLYESTER

Roby, Tamimi (2021) PENGARUH FILLER DARI SERBUK BATU APUNG DAN SERAT KULIT JAGUNG TERHADAP SIFAT MEKANIK KOMPOSIT POLYESTER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA - Roby Tamimi (F1C014075).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Serat kulit jagung dan batu apung mempunyai keunggulan masing-masing untuk mengisi epoxy, dari sisi kekuatan mekanik dan sifat termal, sehingga filler serat kulit jagung dan serbuk batu apung perlu diteliti lebih lanjut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh filler dari serbuk batu apung dan serat kulit jagung terhadap sifat mekanik komposit polyester. Bahan utama penelitian ini adalah filler serat kulit jagung dan serbuk batu apung, resin epoxy dan hardener epoxy. Fraksi volume filler dibuat konstan 35% dengan perbandingan (Serat kulit jagung/serbuk batu apung) yang komposisi fraksi volumenya adalah (5/30)%, (10/25)%, (15/20)%, (20/15)%, (25/10)%, (30/5)%. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian kekuatan tarik, bending, impak dan TGA (thermo Gravimetric Analyzer). Hasil dari pengujian ini menunjukkan bahwa serat kulit jagung/serbuk batu apung mempengaruhi sifat mekanik yang signifikan terhadap setiap pengujian yang di lakukan. Berdasarkan hasil pengujian ANOVA pada uji tarik, pada komposisi filler dan perlakuan spesimen memiliki pengaruh signifikan terhadap kekuatan tarik kekuatan bending, ketangguhan impak dan TGA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Epoxy, Filler, Kekuatan Tarik, Kekuatan Bending, Ketangguhan Impak, TGA (Thermo Gravimetric Analyzer), Serat Kulit Jagung, Serbuk Batu Apung.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jun 2021 00:28
Last Modified: 22 Jun 2021 00:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22314

Actions (login required)

View Item View Item