ANALISIS AERODINAMIK AIRFOIL WORTMANN FX63-137 DENGAN MODIFIKASI FLAPING MENGGUNAKAN SIMULASI COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC(CFD)

MUSTIADI, MUSTIADI (2021) ANALISIS AERODINAMIK AIRFOIL WORTMANN FX63-137 DENGAN MODIFIKASI FLAPING MENGGUNAKAN SIMULASI COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC(CFD). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (MUSTIADI-F1C015058).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pada era sekarang perkembangan dalam bidang keilmuan sangatlah berkembang pesat salah satunya di bidang aerodinamika, Aerodinamika merupakan ilmu dasar yang membahas atau mengkaji pergerakan udara khususnya ketika udara berinteraksi dengan benda padat. Prinsip-prinsip aerodinamika banyak diaplikasikan ketika mendesain pesawat terbang, sudu turbin angin dan desain- desain lainnya yang membutuhkan profil aerodinamis seperti desain dari mobil balap Formula 1. Penelitian tentang airfoil, dimana merupakan sebuah pengembangan teknologi dalam dunia aerodinamika. Hasil dari berbagai eksperimen telah banyak digunakan untuk mendesain airfoil dalam berbagai konfigurasi sayap pesawat maupun sudu dari turbin angin Airfoil adalah bentuk aerodinamik yang ditujukan untuk menghasilkan gaya angkat (lift) yang besar dengan gaya hambat (drag) yang sekecil mungkin. Ketika suatu airfoil dilewati oleh aliran fluida maka karena adanya pengaruh interaksi antara aliran udara dengan permukaan akan timbul variasi kecepatan dan tekanan di sepanjang permukaan atas dan bawah airfoil serta di bagian depan dan belakang airfoil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi sudut flap pada variasi sudut serang terhadap koefisien lift (CL) dan koefisien drag (CD) dan untuk mengetahui pengaruh variasi sudut flap pada variasi sudut serang terhadap perilaku stall airfoil dengan variasi sudut serang -2º sampai dengan 30º dan variasi sudut flap – 10º sampai dengan 20º, 30º, 45º dan 60º. Metode yang di gunakan pada peneliian ini yaitu metode simulasi menggunakan software autodesk CFD dengan turbulensi model SST k-ω Hasil dari penelitian airfoil wortmann fx63-137 dengan simulasi CFD ini menunjukkan bahwa dengan adanya penambahan flap pada airfoil dapat meningkatkan gaya angkat (lift) dan koefisien lift untuk semua variasi sudut flap sampai pada kondisi stall dan kondisi stall terjadi pada sudut serang 26º. Untuk gaya hambat (drag) dan koefisien drag juga meningkat seiring dengan peningkatan sudut serang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : CFD, Turbin Angin, Airfoils, flap, Gaya Angkat, Gaya Hambat
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jun 2021 05:29
Last Modified: 22 Jun 2021 05:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22321

Actions (login required)

View Item View Item