PENGARUH KOMBINASI PUPUK ANORGANIK PHONSKA PLUS DENGAN PUPUK ORGANIK CAIR POMI DAN TOPING PUCUK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MELON (Cucumis melo L.)

Alfian, Suganda (2021) PENGARUH KOMBINASI PUPUK ANORGANIK PHONSKA PLUS DENGAN PUPUK ORGANIK CAIR POMI DAN TOPING PUCUK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MELON (Cucumis melo L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Alfian Terbaru 25 Mei 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

A Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi pupuk anorganik Phonska Plus dengan pupuk organik cair Pomi dan toping pucuk terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman melon. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Gumantar, Kecematan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara pada bulan Juli sampai September 2020. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok (RAK) faktorial, yang terdiri dari dua faktor yaitu faktor pertama kombinasi pupuk anorganik phonska plus dengan pupuk organik cair pomi (C) yang terdiri dari tiga aras: C0 = phonska plus dosis 100%, C1 = phonska plus dosis 75% + pomi, dan C2 = phonska plus dosis 50% + pomi. Faktor kedua toping pucuk pada ruas tertentu (P) yang terdiri dari dua aras: P0 = toping pada ruas ke 25, dan P1 = toping pada ruas ke 27. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan analisis of varience (ANOVA) taraf 5% dan apabila berbeda nyata maka dilanjutkan dengan uji BNJ taraf 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa, interaksi kombinasi pupuk anorganik phonska plus dengan pupuk organik cair pomi dan toping pucuk berpengaruh nyata terhadap parameter bobot buah per buah. Perlakuan terbaik terdapat pada interaksi kombinasi pupuk anorganik phonska plus dosis 75% dengan pupuk cair pomi dan toping pucuk pada ruas ke 25, yaitu dengan bobot rata-rata 1,97 kg per buah; 3,47 kg per tanaman; dan 26,13 kg per petak atau 65,325 ton / ha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Phonska Plus, Pomi, Toping Pucuk, Melon.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jun 2021 05:29
Last Modified: 22 Jun 2021 05:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22322

Actions (login required)

View Item View Item