ANALISA YURIDIS TENTANG PENCATATAN KELAHIRAN ANAK DARI PERKAWINAN BAWAH TANGAN (Studi Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Lombok Timur)

WAHYUDI, ARAHMAN (2021) ANALISA YURIDIS TENTANG PENCATATAN KELAHIRAN ANAK DARI PERKAWINAN BAWAH TANGAN (Studi Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - WAHYUDI ARAHMAN (D1A016313).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan prosedur pencatatan kelahiran anak akibat perkawinan bawah tangan di Kabupaten Lombok Timur dan kendala yang dihadapi DUKCAPIL Lombok Timur dalam penerbitan akta kelahiran anak dari perkawinan bawah tangan.Metode penelitian yang penyusun gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian hukum empiris, karenapenelitian ini untuk melihat prosedur pencatatan kelahiran anak di DUKCAPIL Lombok Timur.Simpulan dari penelitian ini adalah prosedur pencatatan akta kelahiran anak yang tidak tercatat berbeda dengan akta kelahiran dari perkawinan orang tus nya yang tercatat. Kendala yang di hadapi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lomok Timur dalam penerbitan akta kelahiran dari perkawinan bawah tangan yaitu sumber daya manusia yang kurang memadai, kurang nya kesadarsan masyarakat, pelayanan terpusat di Kabupater/Kota, kurang nya syarat administrasi pengurusan dan faktor non teknis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Akta Kelahiran Anak, Perkawian Bawah Tangan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lombok Timur.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jun 2021 05:28
Last Modified: 22 Jun 2021 05:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22325

Actions (login required)

View Item View Item