RESPON KARAKTER FISIOLOGI TIGA GENOTIPE KEDELAI (Glycine max (L) Merr.) PADA KONDISI CEKAMAN KEKERINGAN SERTA HUBUNGANNYA DENGAN HASIL DAN KOMPONEN HASIL

Nani, Dwilestari (2021) RESPON KARAKTER FISIOLOGI TIGA GENOTIPE KEDELAI (Glycine max (L) Merr.) PADA KONDISI CEKAMAN KEKERINGAN SERTA HUBUNGANNYA DENGAN HASIL DAN KOMPONEN HASIL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1M016127-NANI DWILESTARI SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi cekaman kekeringan dengan genotipe terhadap parameter yang diamati. pengaruh cekaman kekeringan terhadap parameter yang diamati. pengaruh interaksi antara cekaman kekeringan dengan genotipe terhadap parameter yang diamati dan hasil analisis korelasi terhadap parameter pengamatan dengan hasil dan komponen hasil. Penelitian ini dilaksanakan pada 2 juni 2020 sampai september 2020 di Green House Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Metode yang digunakan dalam percobaan ini adalah metode eksperimental dengan polibag sebagai unit percobaan. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri atas 2 faktor yaitu faktor pertama adalah cekaman kekeringan (kontrol, kekeringan generatif, kekeringan vegetatif-generatif) dan faktor kedua adalah genotipe (KH1, Argomulyo, Grobogan). Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan analisis keragaman dengan uji lanjut BNJ pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi cekaman kekeringan dengan genotipe hanya berpengaruh nyata pada variable stomata menutup dan rasio stomata buka/tutup. Pengaruh cekaman kekeringan berpengaruh nyata terhadap klorofil a, klorofil b, rasio klorofil a/b, stomata membuka, stomata menututup, rasio stomata, berangkasan basah dan berangkasan kering, jumlah polong, jumlah polong isi dan berat 100 biji. Pada pengaruh interaksi antara cekaman kekeringan dengan genotipe didapatkan hasil berbeda nyata pada variable stomata menutup, rasio stomata buka/tutup, dan pada variable hasil yaitu berat 100 biji (g). Untuk hasil analisis korelasi hanya variable stomata menutup berpengaruh nyata dengan jumlah polong (r = -0,42), jumlah polong isi (r =-0,51) dan berat 100 biji (r=-0,38) dengan arah ketiganya negatif maka dapat di interpretasikan perubahan peningkatan stomata menutup akan menyebabkan penurunan pada jumlah polong, jumlah polong berisi dan berat 100 biji.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Respon Fisiologi, Cekaman Kekeringan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jun 2021 05:28
Last Modified: 22 Jun 2021 05:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22327

Actions (login required)

View Item View Item