PEMANFAATAN LIMBAH PABRIK GULA (MOLASE) PT. SUKSES MANTAP SEJAHTERA MENJADI BIOETANOL DENGAN VARIASI BRIX DAN WAKTU AERASI

SAHRUL, GUNAWAN (2021) PEMANFAATAN LIMBAH PABRIK GULA (MOLASE) PT. SUKSES MANTAP SEJAHTERA MENJADI BIOETANOL DENGAN VARIASI BRIX DAN WAKTU AERASI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir Sahrul Gunawan (F1C 014 077).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT. Sukses Mantap Sejahtera merupakan perusahaan perkebunan tebu dan produsen gula yang terletak di Dompu, Nusa Tenggara Barat. Pabrik gula ini dirancang dengan kapasitas 5.000 tons gula/hari akan dikembangkan menjadi 10.000 ton gula/ hari, Perusahaan ini membangun kerjasama denggan masyarakat dan pemerintah dalam pemasaran pakan ternak dan lain-lain. Molase yang merupakan limbah dari pabrik gula itu sendiri tidak dimanfaatkan oleh perusahaan dan masyarakat sekitar padahal molase masih mengandung banyak manfaat jika diolah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brix dan waktu aerasi terhadap produksi bioetanol dari molase. Pada penelitian ini memvariasikan brix (12%, 14%, dan 16%), dan waktu aerasi (tanpa aerasi, aerasi 3 jam, dan aerasi 6 jam) pada 30 kilo gram larutan molase. Hasil dari penelitian ini di dapatkan bahwa brix dan waktu aerasi berpengaruh signifikan terhadap volume dan kadar alkohol yang dihasilkan. Semakin tinggi nilai brix maka semakin tinggi volume yang dihasilkan, dan semakin lama waktu aerasi maka semakin tinggi kadar alkoholnya. Volume alkohol tertinggi didapat pada brix 16% dan waktu aerasi 3 jam sebanyak 1560 ml dengan kadar alkohol 81%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Molase, bioetanol, brix, dan waktu aerasi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jun 2021 23:43
Last Modified: 22 Jun 2021 23:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22333

Actions (login required)

View Item View Item