KERAGAMAN DAN KELIMPAHAN SERANGGA PREDATOR PADA EKOSISTEM TANAMAN CABAI FASE GENERATIF YANG DIBUDIDAYAKAN SECARA PHT DI JAGARAGA

Khairunnisa, Khairunnisa (2021) KERAGAMAN DAN KELIMPAHAN SERANGGA PREDATOR PADA EKOSISTEM TANAMAN CABAI FASE GENERATIF YANG DIBUDIDAYAKAN SECARA PHT DI JAGARAGA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1M016081- SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman, kelimpahan dan jenis serangga predator pada ekosistem tanaman cabai yang dibudidayakan dengan sistem PHT. Penelitian dilakakukan Desa Jagaraga, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat dari bulan September-Oktober 2020. Percobaan ini mengunakan metode deskriptif dengan tehnik survei secara langsung di lapangan dan koleksi spesimen. Hasil pengamatan yang telah dilakukan pada lahan PHT ditemukan 5 Ordo, 8 famili dan 23 spesies predator dengan jumlah 1707 ekor dan pada lahan non PHT hanya ditemukan 4 Ordo, 6 famili dan 14 spesies serangga predator dengan jumlah 1236 ekor. Ordo yang ditemukan pada lahan PHT yaitu Coleoptera, Hymenoptera, Diptera, Dermaptera dan Orthoptera sedangkan untuk lahan non PHT tidak ditemukan ordo Dermaptera. Indeks keragaman serangga predator pada lahan PHT adalah (H’) 1.785 dan pada lahan non PHT (H’) 1.709. Hasil tersebut dapat dikategorikan sebagai indeks keanekaragaman sedang. Pada lahan PHT serangga yang memiliki kelimpahan tertinggi adalah famili Formicidae yaitu Diacamma sp. dengan jumlah 617 ekor dan kelimpahan 36.15%. Sedangkan pada lahan non PHT serangga yang memiliki kelimpahan tertinggi atau yang paling dominan yaitu famili Formicidae Paratrechina longicornis 536 ekor dengan kelimpahan 43.37%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Kelimpahan, Keragaman dan Serangga Predator
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jun 2021 23:43
Last Modified: 22 Jun 2021 23:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22337

Actions (login required)

View Item View Item