PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

SITI, IDIATUL HASANAH (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITI IDIATUL HASANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang valid, efisien, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran pada materi getaran harmonis Penelitian ini merupakan Jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D. Pada tahap define, merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design, merancang produk perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, LKPD, instrumen tes kemampuan berpikir kritis, dan video pembelajaran. Tahap develop merupakan pengembangan perangkat dari hasil data kevalidan perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil validasi 6 validator yang terdiri dari 3 validator ahli dan 3 validator praktisi. Kepraktisan atau keefisienan perangkat pembelajaran diperoleh dari angket respon peserta didik serta lembar keterlaksanaan pembelajaran. Peningkatan kemampauan berpikir kritis peserta didik dianalisis dengan menentukan standar gain dari hasil sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan komponen perangkat pembelajaran dalam kategori sangat valid untuk silabus dan cukup valid untuk RPP, LKPD, instrumen tes kemampuan berpikiri kritis, dan video pembelajaran yang berarti cukup baik untuk digunakan dalam pembelajaran. Reliabilitas silabus, RPP, LKPD, instrumen tes kemmpuan berpikir kritis, dan video pembelajaran diatas 75 % menunjukkan semua komponen yang dinilai berada pada kategori reliabel. Hasil respon peserta didik, serta keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori sangat praktis. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan nilai gain sebesar 0,66 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan perangkat pembelajaran berbasis masalah valid, efisien dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tahap terahir yaitu disseminate merupakan tahap penyebaran perangkat dimana pada tahap ini dilakukan dengan pembuatan jurnal untuk kemudian di submit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan Perangkat pembelajaran berbasis masalah, kemampuan berpikir kritis, getaran harmonis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jun 2021 23:43
Last Modified: 22 Jun 2021 23:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22340

Actions (login required)

View Item View Item