EFEK KONSENTRASI ASAM ASKORBAT TERHADAP SIFAT PLASTIK BIODEGRADABLE KITOSAN-PATI BONGGOL PISANG KEPOK KUNING (Musa saba)

PUTRI, SANDI DANIAR (2021) EFEK KONSENTRASI ASAM ASKORBAT TERHADAP SIFAT PLASTIK BIODEGRADABLE KITOSAN-PATI BONGGOL PISANG KEPOK KUNING (Musa saba). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI SANDI DANIAR G1C016033.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang sintesis plastik biodegradable dari pati bonggol pisang kepok kuning dan pengaruh konsentrasi asam askorbat terhadap sifat-sifatnya telah dilakukan. Kitosan digunakan sebagai pengisi pada rantai polimer dalam plastik. Pati dan kitosan telah digunakan secara luas sebagai bahan pembuatan plastik karena sifatnya yang dapat terurai secara alami dan tidak beracun. Pengujian sifat mekanik yang meliputi kekuatan tarik, elongasi, biodegradabilitas dan ketahanan air dilakukan untuk menentukan kualitas plastik yang telah disintesis. Hasil analisis spektroskopi FTIR (Fourier Transform-Infra Red) menunjukkan bahwa tidak terdapat serapan gugus fungsi baru pada spektrum sehingga interaksi antara komponen dalam plastik yang didapatkan adalah interaksi fisik. Elongasi dan biodegradabilitas plastik meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah asam askorbat, sedangkan kekuatan tariknya menurun. Hasil uji biodegradabilitas menunjukkan bahwa plastik biodegradable yang diperoleh mampu terdegradasi sebesar 25─66,67% di dalam tanah selama 6 hari. Oleh karena itu, asam askorbat merupakan suatu pemlastis yang baik dalam produksi plastik berbahan dasar pati.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : plastik biodegradable, pati bonggol pisang kepok kuning, asam askorbat, sifat mekanik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2021 00:46
Last Modified: 23 Jun 2021 00:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22344

Actions (login required)

View Item View Item