ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI TAMEKAN KECAMATAN TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT

AYU, ASTRI (2021) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI TAMEKAN KECAMATAN TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AYU ASTRI TERBARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan dan mengetahui persentase kesulitan guru dalam penerapan Kurikulum 2013 di SDN Tamekan. Menggunakan jenis penelitian kualitatif metode naratif inquiry. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Menggunakan analisis data Interaktif Analysis. Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat 3 aspek kesulitan guru yaitu kesulitan dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran dengan persentase kesulitan guru dalam penerapan sebesar 14,44%. Hasil penelitian dari masing- masing dimensi menujukan kesulitan dalam perencanaan pembelajaran sesuai Kurikulum 2013 persentase kesulitan guru sebesar 14,53% dengan letak kesulitan guru yaitu kesulitan dalam memahami komponen RPP, merumuskan indikator pembelajaran, mengintegrasikan tujuan pembelajaran dari beberapa mata pelajaran, memperoleh media pembelajaran, memperoleh sumber belajar dan menentukan bentuk penilaian. Lalu hasil penelitian kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 persentase kesulitan guru sebesar 10,56% dengan letak kesulitan yaitu kesulitan dalam menggunakan model dan metode yang bervariasi yang telah ditetapkan dalam RPP ,menggunakan langkah-langkah yang sudah ditetapkan dalam RPP, menggunakan sumber belajar yang diperoleh, mengintegrasikan antar materi pembelajaran dan menerapkan pendekatan saintifik pada pelaksanaan pembelajaran. Terakhir dengan persentase kesulitan paling tinggi yaitu dalam mengevaluasi pembelajaran sebesar 19,84% dengan letak kesulitan dalam mengevaluasi pembelajaran yaitu kesulitan dalam penilaian sikap dengan mengevaluasi proses pembelajaran pada aspek afektif, penilaian pengetahuan dengan melakukan penilaian hasil pembelajaran dan penilaian keterampilan dengan mengevaluasi proses pembelajaran pada aspek psikomotorik serta pengelolaan penilaian hasil belajar memuat 3 aspek dalam raport. Hasil penelitian juga menunjukkan kurangnya pemahaman guru tentang K13 dan faktor penyebab kesulitan yaitu kurangnya pemahaman, kurangnya pelatihan, dan kurangnya fasilitas yang mendukung penerapan K13.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci: Kesulitan Guru, Penerapan Kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2021 00:46
Last Modified: 23 Jun 2021 00:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22345

Actions (login required)

View Item View Item